Selasa, 30 November 2010

Russia Siapkan Pesawat “Sapu Jagat”

Setiap tahun, kawasan sekeliling Bumi semakin dijejali oleh satelit usang dan serpihannya.

VIVAnews - Energia Rocket and Space Corporation, perusahaan eksplorasi angkasa luar milik Russia mengumumkan rencana mereka untuk mengembangkan kapsul ruang angkasa.

Berbeda dengan pesawat luar angkasa lainnya, kapsul ini didesain khusus untuk menyapu sampah-sampah di kawasan di sekeliling Bumi.

Energia menyebutkan, setiap tahun, kawasan di sekeliling Bumi semakin padat dijejali oleh satelit usang dan serpihan-serpihannya. Adapun sistem yang dikembangkan tersebut diperkirakan akan memakan biaya sebesar 60 miliar ruble atau sekitar 17,2 triliun rupiah.

“Kami berjanji untuk membersihkan ruang angkasa dalam waktu 10 tahun. Caranya dengan mengumpulkan sekitar 600 satelit bekas di orbit geosynchronous dan kemudian menenggelamkan mereka ke samudera,” kata Victor Sinyavsky, juru bicara Energia, seperti dikutip dari Interfax, 30 November 2010.

Sinyavsky menyebutkan, untuk membersihkan sampah-sampah luar angkasa, dibutuhkan sebuah pesawat yang menggunakan bahan bakar nuklir dan mampu bekerja hingga 15 tahun.

Rencananya, kata Sinyavsky, Energia akan menyelesaikan pembuatan satelit pembersih itu pada tahun 2020 mendatang. Adapun uji coba akan dilakukan setidaknya tahun 2023.

Selain pesawat “sapu jagat” di atas, Sinyavsky menyebutkan, pihaknya juga sedang mempersiapkan pesawat pencegat (interceptor). Pesawat ini didesain untuk menghancurkan objek ruang angkasa berbahaya yang berada dalam perjalanan menuju ke arah Bumi. (hs)

sumber dari VIVAnews

Russia Siapkan Pesawat “Sapu Jagat”

Setiap tahun, kawasan sekeliling Bumi semakin dijejali oleh satelit usang dan serpihannya.

VIVAnews - Energia Rocket and Space Corporation, perusahaan eksplorasi angkasa luar milik Russia mengumumkan rencana mereka untuk mengembangkan kapsul ruang angkasa.

Berbeda dengan pesawat luar angkasa lainnya, kapsul ini didesain khusus untuk menyapu sampah-sampah di kawasan di sekeliling Bumi.

Energia menyebutkan, setiap tahun, kawasan di sekeliling Bumi semakin padat dijejali oleh satelit usang dan serpihan-serpihannya. Adapun sistem yang dikembangkan tersebut diperkirakan akan memakan biaya sebesar 60 miliar ruble atau sekitar 17,2 triliun rupiah.

“Kami berjanji untuk membersihkan ruang angkasa dalam waktu 10 tahun. Caranya dengan mengumpulkan sekitar 600 satelit bekas di orbit geosynchronous dan kemudian menenggelamkan mereka ke samudera,” kata Victor Sinyavsky, juru bicara Energia, seperti dikutip dari Interfax, 30 November 2010.

Sinyavsky menyebutkan, untuk membersihkan sampah-sampah luar angkasa, dibutuhkan sebuah pesawat yang menggunakan bahan bakar nuklir dan mampu bekerja hingga 15 tahun.

Rencananya, kata Sinyavsky, Energia akan menyelesaikan pembuatan satelit pembersih itu pada tahun 2020 mendatang. Adapun uji coba akan dilakukan setidaknya tahun 2023.

Selain pesawat “sapu jagat” di atas, Sinyavsky menyebutkan, pihaknya juga sedang mempersiapkan pesawat pencegat (interceptor). Pesawat ini didesain untuk menghancurkan objek ruang angkasa berbahaya yang berada dalam perjalanan menuju ke arah Bumi. (hs)

sumber dari VIVAnews

Kisah Amerika Bangun Jembatan Terindah Dunia

Golden Gate jembatan terindah di dunia yang dibangun dengan penuh pertentangan.

VIVAnews - Indonesia mempunyai obsesi untuk membangun Jembatan Selat Sunda, jembatan terpanjang di dunia. Jika tak ada aral melintang, jembatan Selat Sunda itu akan dibangun mulai 2013.

Salah satu impiannya, Indonesia ingin menyaingi jembatan terindah yang juga menjadi ikon dunia. Jembatan yang dimaksud adalah Golden Gate yang terletak di California, Amerika Serikat.

Pertanyaannya, bagaimana Amerika membangun jembatan dengan panjang 2,7 kilometer dengan lebar 27,4 meter itu.

Pembangunan itu mempunyai cerita unik, karena tak semudah yang dibayangkan. Bahkan, harus melalui berbagai pertentangan, seperti halnya jembatan Selat Sunda yang masih menuai kontroversi. Namun sifat optimistis dan pantang menyerah dari penggagas Golden Gate membuat jembatan ini bisa terwujud.

Pembangunan Golden Gate dimulai dari insinyur teknik dan editor koran di San Francisco, Michael O'Shaughnessy yang tertarik membuat jembatan yang menghubungkan kedua wilayah California yaitu San Francisco dan Marin County.

O'Shaugnessy mulai berkonsultasi dengan sejumlah insinyur tentang kelayakan dan berapa biaya untuk membangun jembatan yang melintasi selat. Sebagian berspekulasi pembangunan itu akan menelan biaya US$100 juta, bahkan ada yang meremehkan jembatan itu tidak dapat dibangun.

Namun kemudian datang Joseph Baermann Strauss dan mengatakan jembatan itu tak hanya layak, namun bisa dibangun dengan dana US$25-30 juta. Strauss menyerahkan sketsa awal kepada O'Shaughnessy dan Edward Rainey, Sekretaris Walikota San Francisco dan walikota James Rolph. Perkiraan biaya untuk desain asli sebanyak US$17 juta.

O'Shaughnessy butuh waktu satu tahun setengah untuk melepas desain jembatan itu kepada publik. Sementara Strauss terus mempromosikan ide jembatan itu dengan desain aslinya kepada masyarakat seluruh California Utara. Dia mempromosikan bahwa biaya pembangunan jembatan itu dapat ditutup dengan membayar tol saja. Ide itu juga mendapat cemoohan dan digambarkan sebagai sesuatu yang buruk oleh pers setempat.

Kaum oposisi terutama muncul dari perusahaan feri yang mempunyai kepentingan. Perusahan feri itu giat berkampanye secara agresif untuk menghentikan pembangunan jembatan. Namun Strauss pantang menyerah, ia mengorganisir dari sisi politik, keuangan, dan promosi untuk membangun jembatan.

Pada saat itu, memang dibutuhkan jembatan karena kemacetan selalu terjadi di dermaga. Pada 1929 perjalanan kendaraan bermotor melalui feri meledak dengan permintaan melebihi kapasitas yang tersedia. Namun tidak ada negara bagian yang mau membiayai karena dana yang terbatas.

Pembangunan jembatan itu juga memunculkan referendum atau pemilihan di 21 kabupaten utara California untuk memilih opsi bergabung dengan jembatan dan jalan raya. Ada yang memilih bergabung, ada juga yang memilih keluar. San Francisco, Marin, Sonoma, Del Norte an bagian dari Napa dan Mendocino akhirnya memilih membentuk jembatan dan jalan.

Uniknya, karena tidak ada negara bagian yang membiayai, jembatan itu dibiayai dengan obligasi sebesar US$35 juta. Jaminan yang dipakai untuk penjualan obligasi itu berupa pertanian dan bisnis penduduk yang setuju atas pembangunan itu.

Pada 4 November 1930, pemilih di enam kabupaten memberikan suara apakah setuju rumah dan pertanian mereka dijadikan jaminan. Pada saat itu memilih menerbitkan obligasi dianggap sembrono karena akan menambah hutang selama Great Depression. Lalu mayoritas pemilih setuju untuk mengorbankan hartanya untuk dijadikan jaminan.

Lalu jembatan itu dibangun 1933-1937 secara bertahap. Peletakan batu pertama dilakukan pada 5 Januari 1933 dengan perayaan yang meriah, dan dihadiri 100 ribu orang. Jembatan itu dibangun oleh banyak pekerja yang penuh dedikasi dan profesional, mengawasi penciptaan struktur yang kini menjadi terkenal di dunia, dan mendapatkan reputasi jembatan paling spektakuler. Jembatan ini mempunyai total panjang 2,7 kilometer dengan lebar 27,4 meter. Terdiri dari 6 jalur, yang juga digunakan untuk pejalan kaki dan sepeda.

Pembayaran obligasi itu diambil dari pungutan tarif tol hingga jatuh tempo pada 1971. Melalui cara ini, pembangunan jembatan megah itu tidak menggunakan dana pemerintah sama sekali.

Konstruksi Bangunan

Golden Gate terdiri dari 6 bagian yaitu jembatan yang dekat dengan San Fracisco bagian selatan, jembatan yang dekat dengan pelabuhan dan perumahan, Fort Point, jembatan gantung, jembatan pendekat Marin (utara), dan jembatan yang dekat dengan pelabuhan dan perumahan Marin.

Golden Gate Bridge dicat dengan warna percampuran merah-oranye yang terang. Untuk pencahayaannya, dipilih secara hati-hati untuk memamerkan keunikan Golden Gate dengan dibuat cahaya yang tidak sama pada setiap bagian. Dipilih lampu sodium tekanan uap rendah dengan cahaya kuning halus untuk jalan, agar tampak hangat dan tidak silau bagi pengendara.

Saat ini, jembatan itu menjadi tempat super sibuk, terutama musim panas. Diperkirakan lebih dari 9 juta orang dari seluruh dunia mengunjungi Jembatan ini setiap tahun. (hs)

Sumber: goldengatebridge.org

• sumber dari VIVAnews

Senin, 29 November 2010

Misteri-Misteri Terbesar di Bidang Sains

Hal- hal ini masih menjadi misteri yang tak terpecahkan oleh pisau bedah imu pengetahuan.

VIVAnews - Walaupun peradaban manusia dan ilmu pengetahuan sudah mengalami kemajuan yang begitu pesat, namun beberapa beberapa hal masih menyisakan pertanyaan dan teka-teki.

Berikut ini adalah misteri-misteri dikompilasi oleh situs LiveSience, yang hingga kini masih belum bisa dipecahkan oleh 'pisau bedah' ilmu pengetahuan murni.

9. Apa yang terjadi saat gempa bumi terjadi?

Hingga kini manusia masih belum mengetahui apa yang terjadi ketika gempa bumi berlangsung. Padahal gempa bumi terjadi di dalam perut planet bumi, tepat di bawah kaki kita sendiri.

Hingga kini para pakar hanya bisa menjelaskan dari mana gempa bersumber dan patahan apa yang terlibat dalam peristiwa gempa tersebut, atau mungkin hanya memprediksi sampai kapan gempa susulan akan berlangsung.

Namun sampai kini mereka tak bisa secara pasti menjelaskan apa yang terjadi di dalam bumi ketika gempa berlangsung. Sifat dan perilaku kekuatan yang membuat patahan-patahan terus bergerak hingga kemudian akhirnya terjadi gempa hingga kini masih menjadi misteri.

"Masalah pergeseran pada gempa adalah salah satu hal yang paling dasar dari semua ilmu tentang kebumian. Namun itu masih menjadi cerita misteri yang berusia 30 tahun, yang belum terpecahkan," ujar Tom Heaton, seorang pakar geofisika dari Caltech.

8. Siapa Anda?

Kesadaran alamiah yang dimiliki manusia selama ini, masih membingungkan bagi para psikolog dan ilmuwan di bidang kognitif. Bagian dari jawaban pertanyaan mendasar di atas ada yang menjawab dengan sederhana: sesuatu yang memicu kita melakukan sesuatu, sudah menyatu dengan jaringan syaraf manusia.

Walaupun kita mengira bahwa apa yang kita lakukan adalah kehendak bebas, namun setiap pekerjaan yang dilakukan oleh manusia juga dipengaruhi oleh proses tak sadar dan lingkungan sekitar.

Dan, bagaimana kita membuat sebuah keputusan secara sadar sehingga membuat manusia memiliki akal selain jiwa? Nah ini yang masih menjadi misteri.

7. Bagaimana kehidupan bisa terjadi di bumi?

Manusia telah menemukan bukti-bukti awal tentang adanya kehidupan kuman sederhana di bumi sejak sekitar 3 miliar tahun yang lalu. Namun, bagaimana kemudian kejadian awal dari kehidupan mahluk lain di bumi, hingga kini belum diketahui.

"Banyak teori dari asal kehidupan yang ditawarkan, namun sangat sulit untuk diterima dan dibuktikannya." kata Diana Northup, Cave Biologist dari University of New Mexico.

6. Bagaimana otak bekerja?

Hingga kini, belum ada yang bisa menjelaskan bagaimana otak manusia bekerja. Dengan miliaran neuron dan masing-masing neuron memiliki ribuan koneksi, otak memang sangat sulit untuk diteliti.

"Kita semua berfikir bahwa kita bisa memahami otak kita, setidaknya melalui pengalaman kita sendiri. Padahal, pengalaman subyektif kita adalah panduan yang minim untuk menentukan bagaimana otak bekerja," ujar Scott Huettel, pakar dari Center for Cognitive Neuroscience dari Duke University.

Hingga kini peneliti belum bisa menentukan bagaimana neuron-neuron membentuk jaringan fungsional ketika manusia sedang belajar, mengingat, atau melakukan aktivitas lainnya, termasuk saat melihat, mendengar, bergerak, atau saat tengah dimabuk cinta.

5. Di mana bagian alam semesta lainnya?

Manusia memiliki banyak keterbatasan saat hendak meneliti alam semesta. "Itu disebut juga sisi kelam dari alam semesta," kata Michael Turner, seorang pakar kosmologi dari University of Chicago. Menurut dia misteri terbesar dari alam semesta adalah materi gelap dan energi gelap.

Walaupun para peneliti berusaha keras untuk mengeksplorasi hingga ke luar angkasa yang terjauh dan ke perut bumi yang terdalam, namun, diperkirakan baru 4 persen dari materi dan energi yang ditemukan. Sementara 96 persen lainnya masih belum bisa diketahui.

4. Apa yang menyebabkan gravitasi?

Walaupun gravitasi telah dipelajari sejak zaman Newton, namun bidang ini masih sedikit sekali diketahui oleh manusia. Gravitas tidak bisa dijelaskan oleh mode standar fisika. Para teoretisi meyakini gravitasi mungkin ada kaitannya dengan partikel kecil yang tak bermassa bernama graviton yang menimbulkan gaya gravitasi.

"Gravitasi sama sekali berbeda dengan gaya lain yang bisa dideskripsikan dalam model standar," kata Mark Jackson, pakar fisika teori dari Fermilab di Illinois AS."Saat Anda mengerjakan perhitungan interaksi gravitasional kecil, maka Anda akan mendapat jawaban yang ngawur. Matematika sama sekali tak bisa bekerja," kata dia.

3. Benarkah ada Teori Segalanya?

Para pakar biasanya memiliki standar model yang cukup baik untuk mendefinisikan segala sesuatu di alam semesta hingga ke bagian partikel terkecil, mulai dari magnetisme hingga ke atom-atom yang menyusunnya dan bagaimana mereka bisa tetap stabil.

Model standar ini memandang partikel-partikel menjadi titik-titik yang sangat kecil, yang beberapa di antaranya mengandung gaya dasar. Hanya saja, kelemahan dari model standar tadi, adalah kegagalannya untuk melakukan perhitungan terhadap gravitasi dan energi yang sangat tinggi.

Nah, bila ada sebuah teori yang bisa secara konsisten menyertakan dua hal tadi ke dalam pemodelannya, maka teori fisika yang universal akan benar-benar dapat terwujud. Sayangnya, banyak peneliti menganggap hal itu tak akan pernah tercapai.

2. Apakah Alien memang benar-benar ada?

Adalah sesuatu hal yang logis ketika berasumsi bahwa ada kehidupan lain selain di bumi. Sebab, unsur-unsur yang dibutuhkan bagi kehidupan terdistribusi secara luas di alam semesta.

Selain itu, sistem tata surya yang mirip dengan tata surya kita juga dijumpai di luar angkasa. "Jadi setidaknya, ada kemungkinan bahwa ada kehidupan lain di sana," kata Jill Tarter, Director of Center for SETI Research di California.

1. Bagaimana alam semesta tercipta?

Teori tentang dentuman besar yang mengawali keberadaan alam semesta sejak 13,7 miliar tahun lalu dipandang sebagai teori yang masuk akal, walaupun belum bisa langsung diuji.

Pada teori ini, segala sesuatu dimulai dengan luar angkasa yang berukuran kecil dan kemudian memuai dan berkembang menjadi besar. oleh karena proses inflasi (pemompaan). "Hingga kini kita belum mengetahui apa yang menyebabkan inflasi, atau bahkan apakah itu teori yang benar atau tidak," kata Eric Agol, seorang pakar astrofisika dari University of Washington. (hs)

sumber dari VIVAnews

Ingin Panjang Umur? Ubah 4 Kebiasaan Ini!

Inilah empat kebiasaan sehari-hari yang bisa memperpendek umur.

VIVAnewsMakin bertambahnya usia, seharusnya wanita lebih menyadari pentingnya bergaya hidup sehat. Masalahnya, seiring meningkatnya aktivitas, kesadaran banyak wanita untuk menjaga kesehatan menurun.

Tak sedikit juga wanita yang mencari-cari alasan untuk menunda mengubah kebiasaan buruk yang bisa merugikan kesehatan. Jika Anda seperti itu, ibaratnya menunggu kejaiban untuk membuat hidup sehat. Bisa jadi, Anda akan selamanya menunggu, dikutip dari laman Modern Mom.

Ahli gizi dan kebugaran, JJ Virgin, mengidentifikasi empat kebiasaan sehari-hari yang buruk yang bisa memperpendek umur. Coba perhatikan tiap poin, jika kebiasaan itu dijalani setiap hari, berarti Anda menimbun masalah. Ayolah, tinggalkan kebiasaan buruk Anda mulai hari ini!

1. Kurang tidur
Studi menunjukkan tidur minimal 7-9 jam sehari sangat penting bagi kesehatan. Dengan tidur cukup, metabolisme tubuh ditata kembali. Ini juga mendukung keseimbangan berat badan, meningkatkan hormon pertumbuhan dan menyembuhkan kelenjar adrenal.

Tahukah Anda, menonton TV atau membuka komputer sebelum tidur bisa membuat Anda sulit tidur. Jika ingin mempunyai waktu tidur lebih lama, mulai sekarang, sebaiknya tetapkan jam tidur. Gantilah aktivitas menjelang tidur dengan kegiatan santai. Satu atau dua jam sebelum tidur, Anda bisa berendam air hangat atau membaca novel. Cara ini dapat melatih diri untuk tidur nyenyak sepanjang malam.

2. Melewatkan sarapan
Coba diingat-ingat, selama ini sudah sering Anda terburu-buru untuk pergi ke kantor dan lupa sarapan? Jika hampir setiap hari, ubah kebiasaan buruk ini.

Tubuh baru saja 'berpuasa' semalaman sehingga harus mendapatkan energi di pagi hari. Agar tubuh kembali berenergi, Anda perlu sarapan seimbang yang mencakup protein, lemak, dan karbohidrat sebelum berangkat beraktivitas.

Hati-hati, jika terbiasa tidak sarapan, tubuh Anda akan mudah lemas dan tidak semangat. Anda akan tampak letih dan tua sebelum waktunya.

3. Tidak berolahraga

Jika Anda berpikir mendapatkan keseimbangan berat badan lewat diet saja, itu tidak akan berhasil. Anda harus tetap berolahraga. Olahraga sangat penting untuk merangsang respon fisik dan hormonal yang dibutuhkan untuk membangun otot dan tulang, dan membakar lemak.

Coba bayangkan jika anda berolahraga dan menerapkan poin-poin yang telah disebut di atas, selain akan membuat energi Anda terjaga, juga membuat Anda awet muda. Yang lebih penting adalah berolahraga yang benar, yaitu yang melibatkan pelatihan interval intensitas tinggi, dan menyempatkan 20-30 menit sehari.

4. Ngemil di malam hari
Kebiasaan ngemil malam hari sebelum tidur, akan menyebabkan penundaan pembakaran lemak sampai meningkatkan hormon stres sebelum tidur. Jadi, jika Anda sudah makan malam yang mengandung nutrisi seimbang, tak perlu lagi ngemil sebelum tidur. (pet)

sumber dari VIVAnews

Iran Buat "Daftar Hitam" 12 Ilmu Sosial

"Materi terkini atas 12 bidang studi itu tidak sejalan dengan nilai-nilai relijius"

VIVAnews - Iran membuat "daftar hitam" atas 12 bidang studi ilmu sosial yang biasa diajarkan sejumlah universitas di negara itu. Dengan demikian, kursus-kursus itu akan dibatasi dan materinya segera direvisi pemerintah karena bahan yang sekarang dipandang tidak Islami dan cenderung mempromosikan nilai-nilai Barat.

Demikian ungkap siaran stasiun radio pemerintah Iran, yang dipantau kantor berita Associated Press, Minggu 24 Oktober 2010. "Materi pengajaran terkini atas 12 bidang studi itu tidak sejalan dengan nilai-nilai relijius dan lebih didasarkan pada pemikiran mazhab Barat," ujar pejabat senior bidang pendidikan, Abolfazl Hassani kepada radio pemerintah.

Sejumlah ilmu yang masuk daftar hitam itu adalah hukum, filsafat, manajemen, psikologi, dan politik. Begitu pula dengan studi perempuan dan HAM, dua ilmu yang selama ini dipandang bertentangan dengan pandangan kepemimpinan konservatif di Iran.

Pembatasan itu membuat universitas dilarang untuk membuka departemen baru yang terkait dengan bidang studi yang masuk dalam daftar. Selain itu, pemerintah akan melakukan revisi atas materi yang telah ada hingga 70 persen dalam beberapa tahun mendatang, kata Hassani.

Keputusan pemerintah itu menindaklanjuti pernyataan dari Pemimpin Spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Tahun lalu, Khamenei merasa risau bahwa bidang-bidang studi itu bisa membuat pelajar menjadi salah paham atas nilai-nilai agama.

Sebagai pemimpin yang berhak memberi putusan akhir atas segala bidang di Iran, Khamenei saat itu meminta pemerintah untuk mengubah kurikulum secara sungguh-sungguh.

Menurut statistik pemerintah, dua juta dari 3,5 juta mahasiswa di Iran menempuh bidang studi Sosial dan Budaya. Kaum mahasiswa selama ini berperan kunci bagi perubahan politik di Iran.

Pada Revolusi Islam 1979, mendiang Ayatollah Ruhollah Khomeini mendapat dukungan dari mahasiswa untuk menjungkalkan rezim diktator Reza Pahlevi. Tahun lalu, kelompok oposisi yang kalah pemilu mencoba menggalang kekuatan mahasiswa untuk menggugat hasil pemungutan suara, yang kembali memenangkan Presiden Mahmoud Ahmadinejad.

Namun, aksi oposisi dan mahasisiwa itu berhasil ditumpaskan. Pada 1980, tak lama setelah Khomeini berkuasa, Iran sempat menutup semua kampus selama dua tahun untuk mencegah munculnya kelompok-kelompok mahasiswa pembangkang

sumber dari VIVAnews

Jalur Kereta Wajib Dibangun di Selat Sunda

Jalur itu menghubungkan masyarakat Jawa dan Sumatera.

VIVAnews - Jalur kereta api adalah salah satu sarana yang wajib dibangun di Jembatan Selat Sunda (JSS). Jalur kereta api tersebut menghubungkan masyarakat di Pulau Jawa dan Sumatera.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengatakan pembangunan jalur kereta api adalah sesuatu yang wajib. Kereta api merupakan sarana transportasi massal yang efisien dan murah.

"Karena jembatan di Selat Sunda ini kalau dibangun panjang jalan 29 kilometer, kalau kereta api tidak dimasukkan lalu nanti dibangun sendiri, ini investasinya jauh lebih mahal," kata Hermanto di Kantor Menko Perekonomian, Jumat 26 November 2010.

Kementerian Pekerjaan Umum akan mendukung upaya pembebasan lahan di sekitar untuk menyambung jalur kereta Sumatera dan Jawa. Sementara untuk keberadaan relnya akan dikoordinasikan di bawah Kementerian Perhubungan.

Hermanto belum bersedia menyebut berapa besarnya investasi pembangunan jembatan ini. Dijanjikan biaya baru bisa dihitung setelah studi kelayakan di lapangan.

Tim nasional kini sedang mematangkan bagaimana jembatan ini akan dibangun dan teknologi apa yang cocok. Salah satu yang dipertimbangkan dalam pembangunan jembatan adalah bagaimana pilihan antara memperpendek jembatan bentang panjang atau meletakkannya di dua tumpuan yang sudah ada.

"Sekarang kalau bentang panjang dibuat tetap panjang, itu akan mahal di kabelnya karena butuh kabel lebih banyak. Tapi kalau bentang panjangnya diperpendek dari model itu biaya akan makin mahal pada fondasi. Ini sedang dipilih, karena disitu ada palung sedalam 150 meter," katanya. (umi)

• sumber dari VIVAnews

Inilah Sejumlah Topik Bocoran Data Rahasia AS

Hingga kini, Wikileaks mengakui baru mempublikasikan 200 dari 251.287.

VIVAnews - Pengelola laman Wikileaks kembali membuat pemerintah Amerika Serikat (AS) resah. Setelah beberapa waktu silam mengungkapkan sejumlah dokumen militer Pentagon (Departemen Pertahanan), Wikileaks akhir pekan lalu memaparkan dokumen-dokumen rahasia komunikasi diplomatik AS dengan sejumlah negara.

Menurut stasiun televisi BBC, Minggu 28 November 2010, bocoran dokumen itu berupa kawat diplomatik yang diterima Washington dari sejumlah kedutaan besar (Kedubes) AS di sejumlah negara. Kawat diplomatik itu merupakan laporan atas sikap pemimpin atau pemerintah sejumlah negara atas berbagai isu, yang tidak boleh dipublikasikan untuk umum.

Selain Wikileaks, sudah ada sejumlah media yang turut mempublikasikan bocoran dokumen itu, diantaranya The New York Times dari AS dan surat kabar Guardian dari Inggris.

Salah satu bocoran yang menarik adalah sikap pemimpin sejumlah negara Arab - termasuk Raja Abdullah dari Arab Saudi - yang menginginkan AS agar menyerang Iran untuk mengatasi isu senjata nuklir. Sikap itu berasal dari sejumlah negara Arab yang bersekutu dengan AS.

Menurut harian Guardian, Raja Abdullah berulangkali mendesak AS agar menyerang Iran untuk menghancurkan fasilitas nuklir, karena dikhawatirkan bisa digunakan menjadi bom atom. Dia "berulangkali meminta AS untuk menyerang Iran agar mengakhiri program senjata nuklirnya," demikian ungkap salah satu kawat diplomatik.

"Dia bilang kepada Anda [Amerika] untuk memotong kepala ular," kata Duta Besar Arab Saudi untuk AS, Adel a-Jubeir. Menurut bocoran dokumen, al-Juberi menulis kalimat itu dalam suatu laporan pertemuan antara Abdullah dengan panglima militer AS di Timur Tengah, Jenderal David Petreaus, pada April 2008.

Permintaan yang sama, menurut laporan sejumlah Kedubes AS di Timur Tengah, juga diutarakan sejumlah negara Arab. Bocoran kawat diplomatik itu juga mengungkapkan bagaimana Israel berambisi untuk menjadi kekuatan nuklir utama di Timur Tengah dan siap untuk sendiran berperang melawan Iran.

Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak, pada Juni 2009 percaya diri bahwa ada peluang antara "enam hingga 18 bulan dari sekarang untuk menghentikan Iran dalam membuat senjata nuklir." Setelah itu, kata lanjut Barak, "solusi militer apapun akan menghasilkan kerusakan susulan yang tidak dapat diterima."

Hingga kini, Wikileaks mengakui baru mempublikasikan 200 dari 251.287 data yang mereka peroleh dari sumber tertentu. Berikut topik sejumlah bocoran data laporan lainnya dari kawat diplomatik AS yang dipublikasikan Wikileaks, seperti yang dikutip laman stasiun televisi BBC:

- Upaya Iran untuk mencontoh roket-roket Korea Utara untuk rudal jarak jauh.

- Korupsi di tubuh pemerintahan Afganistan, yang terbukti kian parah saat seorang pejabat senior ditemukan membawa uang tunai sebesar US$50 juta saat dinas ke luar negeri.

- Upaya untuk mengosongkan kamp penjara di Teluk Guantanamo. Salah satunya adalah permintaan kepada diplomat Slovenia agar bersedia memungut seorang napi bila mereka ingin bertemu dengan Presiden AS, Barack Obama.

- Jerman pada 2007 diberi peringatan agar tidak menangkap sejumlah agen Dinas Intelijen CIA yang terlibat dalam suatu operasi, dimana seorang warga Jerman yang tidak bersalah ditangkap karena bernama sama dengan seorang tersangka militer. Warga itu ditangkap dan ditahan di Afganistan.

- Instruksi dari Menteri Luar Negeri Hillary Clinton kepada pejabat AS agar memata-matai kepemimpinan Perserikatan Bangsa-bangsa.

- Dugaan hubungan antara pemerintah Rusia dengan kriminal yang terorganisir.

- Percakapan Presiden Yaman kepada Panglima Militer AS saat itu, Jenderal David Petraeus, mengenai serangan atas basis-basis al-Qaida di negaranya. "Kami akan terus bilang bahwa bom-bom itu milik kami, bukan punya kalian," kata presiden Yaman.

- Upaya AS untuk mencegah Suriah mengirim senjata kepada kelompok Hisbullah di Lebanon.

Wikileaks juga membocorkan laporan mengenai kekhawatiran diplomat atas materi nuklir Pakistan yang bisa digunakan sebagai bom atom. Para diplomat pun mengeluhkan maraknya praktik peretasan jaringan komputer, yang diduga didukung oleh pemerintah China.


sumber dari VIVAnews

Bocoran Dokumen: Arab Khawatirkan Iran

Sejumlah negara Arab diketahui resah atas program nuklir Iran.

VIVAnews - Sejumlah negara Arab diketahui resah atas program nuklir Iran. Mereka bahkan menganggap Iran sebagai suatu ancaman dan meminta Amerika Serikat (AS) untuk, bila perlu, menyerang Iran.

Demikian menurut laporan rahasia komunikasi diplomatik antara AS dengan sejumlah negara. Laporan itu bocor dan dipublikasikan oleh laman Wikileaks, harian The New York Times dan Guardian, yang akhirnya menyebar ke media massa mancanegara.

Kawat diplomatik itu merupakan laporan para diplomat AS atas sikap pemimpin atau pemerintah sejumlah negara atas berbagai isu dan diberi label "Secret," artinya tidak boleh diketahui publik. Namun, kini laporan itu bocor ke sejumlah media massa.

Salah satu bocoran yang menarik adalah sikap pemimpin sejumlah negara Arab - termasuk Raja Abdullah dari Arab Saudi - yang menginginkan AS agar menyerang Iran untuk mengatasi isu senjata nuklir. Sikap itu berasal dari sejumlah negara Arab yang bersekutu dengan AS.

Guadian mengungkapkan bahwa pimpinan Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Mesir, menyebut Iran sebagai "setan," suatu "ancaman yang eksis," dan kekuatan yang "akan membawa kita kepada perang." Kalangan pejabat di Yordania dan Bahrain disebut-sebut secara terbuka meminta program nuklir Iran dihentikan dengan cara apaun, bila perlu secara militer.

Raja Abdullah bahkan berulangkali mendesak AS agar menyerang Iran untuk menghancurkan fasilitas nuklir, karena dikhawatirkan bisa digunakan menjadi bom atom. Dia "berulangkali meminta AS untuk menyerang Iran agar mengakhiri program senjata nuklirnya," demikian ungkap salah satu kawat diplomatik.

"Dia bilang kepada Anda [Amerika] untuk memotong kepala ular," kata Duta Besar Arab Saudi untuk AS, Adel a-Jubeir. Menurut bocoran dokumen, al-Juberi menulis kalimat itu dalam suatu laporan pertemuan antara Abdullah dengan panglima militer AS di Timur Tengah, Jenderal David Petreaus, pada April 2008.

Laman stasiun televisi CNN turut mengungkapkan laporan komunikasi antara Abdullah dengan pejabat Gedung Putih bidang anti terorisme, John Brennan, serta sejumlah pejabat AS lain pada Maret 2009.

Menurut laporan kawat itu, Abdullah berkata kepada pejabat AS bahwa dia baru saja bercakap-cakap dengan Menteri Luar Negeri Iran, Manouchehr Mottaki. "Kalian bangsa Persia tidak ada urusan turut campur atas masalah Arab," kata Abddullah kepada Mottaki, seperti yang dikutip CNN.

"Tujuan Iran akan menimbulkan masalah," lanjut Abdullah kepada Brennan setelah menirukan percakapannya dengan pejabat Iran itu. "Tidak diragukan ada sesuatu yang tidak stabil dalam hubungan mereka," kata Brennan seperti yang tercatat dalam laporan itu.

Selain itu, juga muncul laporan yang mengungkapkan peringatan dari Menteri Pertahanan AS, Robert Gates, Februari lalu bahwa bila segala upaya diplomasi gagal, "Kita mengambil risiko atas proliferasi di Timur Tengah, perang yang dipicu Israel, atau keduanya."

Dalam bocoran kawat itu, kepala intelijen militer Israel, Mayor Jenderal Amos Yadlin, tahun lalu mengungkapkan, "Israel tidak berada dalam posisi meremehkan Iran dan terkejut seperti AS pada 11 September 2001."

Ditanya mengenai bocoran data-data itu, juru bicara Departemen Luar Negeri AS, PJ Crowley, hanya mengatakan bahwa bukanlah kebijakan AS untuk mengomentarinya.

Namun pengelola Wikileaks, Julian Assange, mengatakan bahwa kekhawatiran itu menandakan bahwa pemerintah AS takut untuk dimintai pertanggungjawaban. Hingga kini, Wikileaks baru mempublikasikan 200 dari 251.287 data yang mereka peroleh dari sumber tertentu.

sumber dari VIVAnews

Kematian Intai Perokok Pasif

Sebanyak 600 ribu perokok pasif meninggal dunia setiap tahunnya di seluruh dunia.

VIVAnews - Hati-hati jika Anda sering terjebak di tengah lingkungan perokok. Dengan tingkat bahaya tiga kali lipat dibandingan perokok itu sendiri, menghirup asap rokok orang lain potensial meningkatkan risiko kematian.

Menurut penelitian yang dilakukan 'Swedish National Board of Health and Welfare' serta 'Bloomberg Philanthropies', sebanyak 600 ribu perokok pasif meninggal dunia setiap tahunnya di seluruh dunia.

Penelitian dilakukan dengan menganalisa data perokok di 192 negara di seluruh dunia, sejak 2004. Sekitar 40 persen anak-anak dan lebih 30 persen wanita dan pria menjadi perokok pasif.

Berdasar analisa itu, efek buruk menjadi perokok pasif memicu peningkatan kasus kematian akibat penyakit jantung (379 ribu), kematian akibat gangguan pernapasan (165 ribu), kematian karena asma (36,9 ribu) dan kematian karena kanker paru-paru (21,4 ribu).

"Penelitian itu membantu kita mengerti efek buruk rokok. Kombinasi penyakit infeksi dan menjadi perokok pasif adalah kematian," kata Armando Peruga, Program Manager Badan Kesehatan Dunia (WHO), Tobacco-Free Initiative, yang memimpin penelitian, seperti dikutip Fox News.

Menjadi perokok pasif berpengaruh besar pada kesehatan wanita anak. Sebanyak 281 ribu kematian wanita diperkirakan akibat paparan asap rokok orang lain. Dari penelitian diketahui, wanita perokok pasif 50 persen lebih banyak dibandingkan pria.

Sementara anak yang memiliki orangtua perokok memiliki risiko tinggi mengalami kematian mendadak, infeksi telinga, asma dan bronkitis. Paru-paru mereka juga tumbuh lebih perlahan dibandingkan dengan anak-anak yang orangtuanya tidak merokok.

WHO memperkirakan sekitar 165 ribu anak meninggal karena menjadi perokok pasif, terutama di Asia Tenggara dan Afrika. Penelitian itu menunjukkan, jumlah perokok pasif terkonsentrasi di kawasan Eropa dan Asia. Sementara Amerika, Mediterania Timur dan Afrika memiliki tingkat perokok pasif terendah.

Mengapa Perokok Pasif Lebih Bahaya?

Setyo Budiantoro dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) menambahkan, sebanyak 25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke tubuh perokok, sedangkan 75 persennya beredar di udara bebas yang berisiko masuk ke tubuh orang di sekelilingnya.

Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap. "Namun konsentrasi racun perokok aktif bisa meningkat jika perokok aktif kembali menghirup asap rokok yang ia hembuskan."

Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.

sumber dari VIVAnews

Prediksi Umur Lewat Darah

Melalui ceceran darah, tim forensik bisa dengan mudah memprediksi usia pemilik darah itu.

VIVAnews - Sejumlah pakar forensik asal Belanda berhasil mengembangkan teknik menghitung usia seseorang secara akurat lewat darah. Mereka mempelajarinya lewat karakter khas sel kekebalan dalam darah, yang dikenal sebagai sel T.

Seperti dikutip dari laman BBC, temuan ini cukup bermanfaat untuk mengungkap identitas pelaku atau korban kejahatan. Melalui uji darah yang tercecer di lokasi kejadian, petugas bisa dengan mudah memprediksi usia pelaku atau korban yang belum terungkap identitasnya.

Sel T yang digunakan untuk memprediksi umur itu memegang peran penting dalam mendeteksi benda asing di dalam darah seperti bakteri, virus, parasit, bahkan sel tumor. Saat bekerja mengenali benda asing, sebuah molekul kecil DNA akan terbentuk. Molekul inilah yang memiliki hubungan linier dan stabil dengan usia seseorang.

Penulis studi, Dr Manfred Kayser dari Erasmus MC University Medical Center, Rotterdam, mengatakan, hasil uji sel T ini memiliki tingkat akurasi yang cukup tinggi. Bahkan, sejumlah pakar tengah merancang untuk membaca karakter manusia berdasarkan informasi DNA.

"Selama ini uji DNA yang dilakukan tim forensik konvensional hanya bisa mengidentifikasi seseorang berdasar pembanding yang memiliki hubungan darah. Tapi temuan ini diharapkan bisa menampilkan informasi untuk membantu menemukan identitas orang yang tak dikenal sama sekali," kata Kayser. (pet)

sumber dari VIVAnews

Ini XM25, Senapan Baru dan Revolusioner AS

Dengan senapan supercanggih ini, taktik perang akan berubah. Musuh tak bisa bersembunyi.

VIVAnews -- Sejak dimulainya perang modern, cara terbaik menghindar dari berondongan senapan adalah bersembunyi di balik dinding. Namun, taktik itu kini akan sia-sia. Satu inovasi senapan revolusioner milik Amerika Serikat membuat musuh hanya bisa berlari, tapi sulit untuk bersembunyi.

Setelah pengembangan selama bertahun-tahun, angkatan bersenjata AS menguji coba senapan baru di Afghanistan. Namanya, XM25 Counter Defilade Target Engagement System. Ini senapan berteknologi tinggi.

Tak otomatis meledak jika membentur tembok. Senapan ini bisa mengatur amunisi 25 milimeter meledak di depan atau di belakang target. Atau bisa dibahasakan, peluru ini bisa diatur menembus tembok, sebelum akhirnya meledak dan menewaskan target.

Senapan yang diklaim revolusioner ini juga berdaya jangkau jauh, 2.300 kaki atau delapan kali panjang lapangan bola.

Menurut manajer proyek persenjataan semi otomatis, Letnan Kolonel Christopher Lehner mengatakan, XM25 akan jadi kunci yang mengubah 'aturan main' --mengarah ke cara baru pertempuran lapangan saat diuji coba awal bulan ini di Afghanistan.

"Dengan senjata ini kita memusnahkan perlindungan musuh untuk selamanya," kata Lehner kepada FOXnews. "Taktik peperangan harus ditulis ulang. Musuh tak bisa berlindung, satu-satunya yang bisa mereka lakukan adalah lari."

Ditambahkan dia, senapan XM25 didistribusikan pertama kali ke Afghanistan. Senapan seberat 12 pon, dan panjang 29 inchi ini didesain oleh Alliant Techsystems di Minnesota. Satu unit berharga US$35 ribu. Senapan ini tergolong sangat canggih. Tapi juga mudah dipelajari. Dalam hitungan menit, seorang serdadu bisa memakainya.

Bagaimana cara kerjanya?

Dijelaskan Lehner, setelah pelatuk ditarik, dan peluru meninggalkan tongnya, sebuah chip komputer di dalam proyektil akan mengkomunikasikan sejauh mana ia berjalan. Ini memungkinkan si prajurit meledakkan proyektil itu di depan, atau dibelakang target.

"Cara ini memungkinkan tentara lebih akurat dan bisa mengirimkan peluru berdaya ledak tinggi hanya dalam waktu sekitar 5 detik."(np)

sumber dari VIVAnews

Zona Komet Alien di Tata Surya

6 triliun mil dari matahari. Zona Awan Oort terdiri dari miliaran komet dari bintang lain.

VIVAnews - Di pinggiran terjauh dari sistem tata surya kita diperkirakan terdapat sebuah perisai raksasa yang memerangkap miliaran komet beku.

Seperti dikutip dari Discovery News, perisai yang dinamakan sebagai Awan Oort (dinamai sesuai nama astronomer Belanda Jan Oort), diperkirakan terbentuk sejak 4,5 miliar tahun lalu.

Awan Oort letaknya sekitar 6 triliun mil dari matahari. Keberadaan komet-komet itu diperkirakan karena mereka tercerabut dari sistem bintang lain di luar tata surya kita.

Tapi kemudian, komet-komet tadi tertolak oleh gravitasi matahari sehingga terlempar sampai titik terjauh dari jangkauan pengaruh matahari, yakni di pinggiran medium antar bintang.

Memang tidak ada bukti langsung bahwa awan ini eksis, namun keberadaannya didasarkan frekuensi komet-komet yang telah memasuki sistem tata surya kita sejak sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

Astronomer terkenal dari Southwest Research Institute (SWRI) di Boulder, Colorado AS, Hal Levinson, membuat sebuah model matematis untuk teori ini.

Berdasarkan pada seringnya komet-komet masuk ke dalam sistem tata surya kita, Levinson memperkirakan ada sekitar 400 miliar komet yang terperangkap di perisai awan Oort.

Tapi bila hanya memperkirakan dari material yang berasal selama masa pembentukan matahari, diperkirakan hanya ada sekitar 6 miliar komet di zona tersebut.

Jarak antar bintang

Menurut Levinson, komet- komet yang berasal dari luar sistem tata surya kita sudah kemungkinan sudah pernah nampak batang hidungnya. Misalnya saja komet yang memiliki periode orbit yang begitu panjang, seperti komet Hale-Bopp yang melewati bumi pada 1997.

Komet ini merupakan salah satu komet yang paling banyak diobservasi orang, di abad ini. Diperkirakan komet tersebut baru akan terlihat lagi pada tahun 6200.

Bila teori perisai komet Oort benar, komet-komet yang lalu lalang di dekat tata surya kita tak hanya akan menunjukkan kepada kita unsur-unsur kimia dari sistem tata surya lokal semata, melainkan juga unsur-unsur kimia dari komet yang berasal dari bintang lain.

Tak perlu lagi upaya untuk mengambil sampel-sampel tersebut dari tempat yang jauh, kita cuma perlu menunggu sampel tersebut jatuh ke bumi.

sumber dari VIVAnews

Jembatan Selat Sunda Pakai Insinyur Indonesia

Jembatan ini diharapkan menjadi ikon Indonesia karena mampu membangun jembatan terpanjang.

VIVAnews - Perencanaan pembangunan Jembatan Selat Sunda sudah memasuki tahap akhir. Diperkirakan pembangunan itu akan memakan dana hingga Rp140 triliun.

Menurut Menko Perekonomian Hatta Rajasa, meski belum bisa menyimpulkan dana yang diperlukan namun pembangunan itu memakan dana Rp100 triliun. "Plus jalur kereta api kurang lebih antara Rp140 triliun," ujar Hatta usai memimpin rapat koordinasi di Kantor Menko Perekonomian, Senin 29 November 2010.

Rapat gabungan Kementerian/Lembaga bersama yang dilakukan sore ini, dengan Gubernur Banten sudah menyepakati rencana pembangunan kawasan Jembatan Selat Sunda.

Menurut Hatta, sesuai Keputusan Presiden nomor 36 tahun 2009 tentang Tim Nasional Pembangunan Jembatan Selat Sunda, bahwa semua perangkat yang dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan Jembatan Selat Sunda selesai.

"Tinggal menunggu Keputusan Presiden (Keppres) untuk melaksanakannya," katanya.

Pekerjaan yang telah dirampungkan hari ini adalah yakni penyelesaian terkait organisasi, personalia, keterpaduan pekerjaan, dan pembentukan 3 pokja yakni yang membidangi teknis dan lingkungan, pengembangan wilayah ekonomi, dan pokja yang membidangi keamanan dan pendanaan.

Rapat tadi membahas 2 hal berkaitan dengan upaya percepatan pembangunan Jembatan Selat Sunda. Untuk itu diperlukan pembentukan badan pengengembangan kawasan Selat Sunda dimana badan itu terdiri atas Dewan Pengarah dan Badan Pelaksana. Selanjutnya dari badan pelaksana inilah akan menunjuk sebuah Badan Usaha. Badan Usaha inilah yang nantinya akan merealisasikan pembangunan Jembatan Selat Sunda.

Hatta mengatakan bahwa badan usaha ini nantinya bisa terdiri atas swasta, BUMN, dan BUMD.

"Kita harapkan ini bisa ground breaking (pembangunan fondasi) 2013 atau 2014," ujar Hatta. Tak hanya itu, mandat dari rapat sore ini adalah Jembatan Selat Sunda bisa dibangun oleh para teknisi Indonesia.

"Ini diharapkan putra otak (insinyur) Indonesia, tenaganya Indonesia, karena ini ikon kebangkitan kita yang juga mampu membangun jembatan terpanjang di dunia," kata Hatta.

Pengembangan jembatan ini, lanjutnya, telah mempertimbangkan usulan dari seluruh Gubernur Sumatera, Jawa dan Bali dimana ada semacam MoU. Pembangunan juga memperhatikan apa yang sudah diajukan Propinsi Banten dan Lampung tentang pra Feasibility Study (studi kelayakan) untuk menjadi dasar pembentukan badan pelaksana dan badan usaha.

"Kita sudah berada di ujung pembangunan," ujar Hatta meyakinkan. (hs)

• sumber dari VIVAnews

Kisah Kapal Titanic

RMS Titanic (SS Titanic) merupakan yang kedua dari tiga kapal penumpang super yang bertujuan untuk mengawali perniagaan perjalanan trans-Atlantik. Dimiliki oleh White Star Line dan dibuat di galangan kapal Harland and Wolff, Titanic merupakan kapal uap penumpang terbesar di dunia pada masa peluncurannya.



Pada saat pelayaran pertamanya, Titanic menabrak gunung es pada pukul 23:40 (waktu kapal), Minggu, 14 April 1912, dan tenggelam sekitar dua jam empat puluh menit kemudian pada pukul 2:20 pagi hari Senin.
Bencana tersebut mengakibatkan kematian lebih dari 1.500 orang,dan menjadikannya sebagai bencana laut terburuk semasa zaman dalam sejarah dan sampai kini paling termashyur. Titanic dilengkapi dengan teknologi paling maju pada masa itu dan orang awam percaya bahwa ia “tidak mungkin tenggelam”. Ia amat mengejutkan bagi orang banyak bahwa walaupun dengan teknologi modern dan awak kapal yang berpengalaman, Titanic masih tenggelam dengan jumlah kematian yang tinggi. Kegairahan media massa mengenai korban terkenal Titanic, legenda mengenai apa yang terjadi di atas kapal, mengakibatkan undang-undang laut diganti, dan penemuan kapal yang pecah pada tahun 1985 oleh pasukan yang diketuai oleh Jean-Louis Michel dan Robert Ballard menjadikan Titanic terkenal pada tahun berikutnya.

Pembuatan

Kapal Titanic merupakan kapal penumpang milik White Star Line, dibangun di galangan kapal Harland and Wolff di Belfast, Irlandia Utara, didisain untuk menyaingi Lusitania dan Mauretania milik Cunard Line. Titanic, bersama kapal saudara kembarnya Olympic, Olympic dan yang akan dibuat Britannic (pada awalnya dinamakan Gigantic, bertujuan menjadi kapal paling mewah dan terbesar yang pernah dibuat. Pembuatan RMS Titanic, dibiayai oleh hartawan Amerika, J.P. Morgan dan perusahaannya International Mercantile Marine Co., dimulai pada 31 Maret 1909. Badan kapal Titanic selesai diproduksi pada 31 Mei 1911, dan perlengkapan dalam di selesaikan pada 31 Maret tahun berikutnya.
Titanic sepanjang 269 meter (882 kaki 9 inci) dan 28 meter (92 kaki 6 inci) lebar, berat mati 46.328 ton, dan ketinggian dari permukaan air ke geladak setinggi 18 meter (60 kaki). Walaupun ia meliputi banyak ruang dan dengan berat mati yang besar itu, kapal Titanic sama panjangnya dengan kapal Olympic. Titanic dilengkapi duamesin dengan empat silinder, tiga baling-baling, dan satu turbin Parsons bertekanan rendah yang menggerakkan tiga baling-baling. Terdapat 29 ketel dipanaskan oleh 159 perapian batu bara yang mampu menghasilkan kecepatan sampai 23 knot (43 km/j). Hanya tiga dari empat cerobong kapal setinggi 19 meter (63 kaki) yang berfungsi; cerobong yang keempat digunakan sebagai lubang udara, dan untuk memperlihatkan kehebatan kapal. Kapal Titanic mampu membawa 3.547 penumpang dan awak kapal, karena ia juga mengirim surat, maka namanya diberi penambahan kata depan RMS dan juga sebagai kapal uap - SS (Steam Ship).
Pada waktu itu, fasilitas dan kemewahannya tidak dapat ditandingi. Ia menawarkan fasilitas kolam renang, ruang olahraga, pemandian Turki, perpustakaan dan gelanggang squash. Ruang kelas utama dihiasi seluruhnya dengan panel kayu, perabotan mewah dan perhiasan yang indah lainnya. Ia menawarkan tiga lift untuk digunakan penumpang kelas utama dan, satu inovasi pada waktu itu, satu lift bagi penumpang kelas dua.
Titanic dianggap sebagai puncak arsitektur laut dan pencapaian teknologi. Ia dianggap oleh majalah Ship Builders sebagai kapal yang "hampir tidak mungkin tenggelam." Titanic terbagi atas 16 ruang kedap air dengan pintu yang beri pengunci elektrik dan akan menutup hanya dengan menekan satu tombol dari dek kapal, walaupun sekat kapal tidak menghalangi keseluruhan ketinggian geladak (hanya sampai Dek-E). Titanic mampu terapung dengan baik walau dua ruang tengah dipenuhi air atau empat bagian pertama dipenuhi air apabila lebih dari itu maka ia akan tenggelam.

Pelayaran pertama

Kapal Titanic memulai pelayaran pertamanya dari Southampton, Inggris, dalam perjalanan ke New York City, New York, pada Rabu, 10 April 1912, di bawah kendali Kapten Edward J. Smith. Ketika Titanic bergerak meninggalkan tempat berlabuhnya, ombak yang dihasilkan oleh kapal tersebut menyebabkan kapal penumpang New York, yang berlabuh di dekatnya, putus tali tambatnya dan tertarik hampir (sekitar 4 kaki) dari Titanic sebelum kapal tunda New York pergi. Kejadian tersebut baru berhenti setelah satu jam. Selepas menyeberangi selat Inggris, Titanic berhenti di Cherbourg, Prancis, untuk menurunkan dan mengambil penumpang tambahan dan berhenti sekali lagi di Queenstown (sekarang ini dikenal sebagai Cobh), Irlandia, sebelum meneruskan pelayaran ke New York dengan 2.223 penumpang.
Titanic mempunyai tiga bagian kelas penumpang yang dipisahkan. Kelas ketiga juga dikenal sebagai geladak, terdiri dari kabin kecil di dek bawah, diisi oleh kebanyakan pendatang dari inggris yang mengharapkan penghidupan lebih baik di Amerika. Kabin dan ruang kelas kedua, terletak di bagian belakang, memiliki fasilitas yang sama dengan kelas satu di kapal lain. Kebanyakan penumpang kelas kedua pada mulanya menempati kelas satu di kapal yang lain tetapi, karena tidak tersedianya batu bara, maka dipindahkan ke Titanic. Kelas utama merupakan bagian kapal yang paling mewah.
Sebagian dari orang yang terkenal turut belayar sebagai penumpang kelas utama. Ini termasuk jutawan John Jacob Astor dan isterinya Madeleine Force Astor pemilik kilang, Benjamin Guggenheim pemilik Macy, Isidor Straus dan isterinya Ida, jutawan Denver, Margaret "Molly" Brown, Sir Cosmo Duff-Gordon dan isterinya Lady Lucille Duff-Gordon; George Elkins Widener dan istrinya Eleanor; John Borland Thayer, isterinya Marian dan anak mereka yang berusia tujuh belas tahun, Jack wartawan William Thomas Stead, Countess of Rothes, pembantu presiden Amerika Serikat Archibald Butt, pengarang dan tokoh masyarakat Helen Churchill Candee, pengarang Jacques Futrelle, dan isterinya May, dan rekan mereka, editor Broadway Henry dan Irene Harris, aktris film bisu Dorothy Gibson dan yang lain. Ikut bersama di kelas utama lainnya adalah editor urusan White Star Line J. Bruce Ismay yang merencanakan pembuatan Titanic dan pembuat kapal Thomas Andrews, yang turut bersama untuk memantau semua masalah dan menilai kinerja keseluruhan kapal baru tersebut.

Malapetaka

Bongkahan gunung es di Newfoundland.
Pada malam Minggu, 14 April, suhu menurun sampai tahap hampir beku dan laut tenang. Bulan tidak keluar dan langit cerah. Kapten Smith, mengetahui peringatan adanya bongkahan gunung es melalui komunikasi nirkabel semenjak beberapa hari lalu, telah mengubah haluan Titanic lebih jauh ke arah selatan. Pada hari Minggu pukul 13:45 waktu setempat, pegawai komunikasi nirkabel dari kapal uap Amerika memberi peringatan bahwa gunung es besar mengapung dalam jalur Titanic, tetapi peringatan ini tidak disampaikan ke dek pengawal. Sore itu, satu lagi laporan mengenai bongkahan gunung es besar yang banyak, kali ini dari Mesaba, juga gagal disampaikan ke dek pengawal.

Pada pukul 23:40 waktu setempat ketika berlayar di selatan Grand Banks di Newfoundland, pengawas Fredrick Fleet dan Reginald Lee melihat bongkahan gunung es yang besar tepat di depan kapal. Fleet membunyikan loceng kapal sebanyak tiga kali dan menelepon dek pengawal memberitahu, "Gunung es, tepat di depan!" Opsir Pertama Murdoch langsung mengarahkan kemudi ke sisi kiri dan mengurangi kecepatan, kemudian mundurkan mesin kapal. Tabrakan ternyata tidak dapat terelakkan, dan gunung es terapung tersebut bergesekan dengan bagian lambung kanan kapal, dan merobek badan kapal di empat bagian pertama dan mematahkan paku baja di bagian bawah kapal yang tertutup permukaan air sepanjang sekitar 91 m (300 kaki). Pintu kedap air baru berhasil menutup rapat saat air sudah keburu memasuki lima bagian kedap air pertama, lebih satu bagian dari apa yang dapat ditahan Titanic agar tidak tenggelam. Berat lima bagian kedap air yang dimasuki air menarik kapal ke bawah melebihi ketinggian dinding kedap air, kemudian air memasuki bagian lain. Kapten Smith, merasakan guncangan hantaman itu, sesampainya ke dek pengawal dan memerintahkan berhenti sepenuhnya. Setelah pemeriksaan oleh pegawai kapten dan Thomas Andrews, sadar bahwa Titanic akan tenggelam, dan setelah tengah malam pada 15 April, perahu penyelamat untuk disiapkan dan panggilan darurat diberitahukan.


Perahu penyelamat pertama, diturunkan pada pukul 00:40 waktu setempat di sebelah kanan dengan hanya di isi 28 orang penumpang di atasnya. Titanic membawa 20 perahu penyelamat dengan kapasitas penuh 1.178 orang penumpang. Walaupun tidak mencukupi untuk membawa semua penumpang dan awak kapal, Titanic membawa cukup perahu penyelamat dan pelampung karena peraturan yang ditetapkan oleh Lembaga Peraturan Inggris. Pada masa itu, jumlah perahu penyelamat yang diperlukan ditetapkan menurut berat mati kapal, bukannya jumlah penumpang yang dibawanya.

Penumpang kelas utama dan kedua dengan mudah bisa mencapai perahu penyelamat dengan tangga yang menuju terus ke dek perahu tetapi penumpang kelas ketiga lebih sulit. Banyak terdapat jalur dari bagian bawah kapal sulit dipahami dan menyulitkan mereka untuk sampai ke perahu penyelamat. Lebih buruk lagi, penumpang kelas tiga saat pintu dikunci oleh awak kapal yang menunggu giliran mengizinkan penumpang naik ke geladak.
Operator radio nirkabel Jack Phillips dan Harold Bride sibuk mengirim CQD, isyarat pertolongan. Beberapa kapal merespon, termasuk Mount Temple, Frankfurt dan kapal saudara kembar Titanic, Olympic, tetapi semuanya terlalu jauh untuk sampai sebelum Titanic tenggelam. Kapal terdekat adalah RMS Carpathia milik Cunard Line yang sejauh 93 kilometer (58 mil) dan hanya berjarak empat setengah jam; terlalu lama untuk menyelamatkan lebih dari setengah penumpang Titanic karena kapalnya sudah keburu tenggelam. Satu-satunya daratan yang menerima isyarat pertolongan Titanic adalah stasiun nirkabel di Cape Race, Newfoundland.

Pada mulanya, penumpang enggan meninggalkan Titanic untuk menaiki perahu penyelamat yang kecil karena merasakan Titanic lebih aman dan tidak ada tanda-tanda apapun sedang berada dalam bahaya atau pun tenggelam. Ini menyebabkan kebanyakan perahu penyelamat dilepas dengan separuhnya kosong; satu perahu yang mampu membawa 40 orang penumpang dilepas dengan hanya 12 orang penumpang di atasnya.

"Wanita dan anak-anak dahulu" diutamakan untuk menaiki perahu penyelamat, Opsir kedua Lightoller, yang mengisi perahu penyelamat di sebelah kiri, hanya memperbolehkan laki-laki yang diperlukan sebagai pengayuh dan tidak untuk sebab lainnya; walaupun masih terdapat tempat kosong. Opsir Pertama Murdoch, yang mengisi perahu di sebelah kanan, memperbolehkan laki-laki naik apabila wanita tidak ada yang mau naik lagi. Saat kapal semakin tenggelam, penumpang mulai cemas dan sebagian perahu penyelamat dilepas dengan penumpang penuh. Pada 02:05 waktu setempat, seluruh bagian depan haluan kapal tenggelam di bawah air, dan kecuali dua buah perahu, semua perahu penyelamat lain telah diturunkan.


Sekitar 02:10 waktu setempat, bagian belakang kapal terangkat dari permukaan air memperlihatkan bagian bawah kapal, kemudi, dan baling-baling kapal , dan pada pukul 02:17 waktu setempat permukaan air membanjiri geladak perahu. Keadaan semakin parah saat dua perahu penyelamat terakhir terapung dari geladak, satu terbalik dan satu lagi separuhnya telah berisi air. Tidak lama kemudian, cerobong asap paling depan jatuh, meremukkan sebagian dek pengawal dan mereka yang terapung dalam air. Di geladak, para penumpang berlari ke arah belakang atau melompat ke laut dangan harapan dapat sampai ke perahu penyelamat. Bagian belakang kapal perlahan-lahan terangkat ke atas, dan barang-barang yang tidak terikat berjatuhan ke laut. Sewaktu bagian belakang kapal terangkat, sistem eletrik mati dan lampu mulai padam. Tidak lama kemudian, pada bagian badan kapal yang tidak kuat menahan beban mengakibatkan Titanic pecah menjadi dua bagian antara dua cerobong terakhir, dan bagian depan tenggelam sepenuhnya. Bagian belakang kapal langsung tehempas kembali di permukaan air dan terangkat tegak lurus. Selepas beberapa saat, pada pukul 02:20 waktu setempat, semuanya tenggelam ke laut.

Dari sejumlah 2.223 orang penumpang, hanya 706 orang penumpang yang selamat; 1.517 orang penumpang tewas. Kebanyakan penumpang tewas disebabkan karena korban terkena hypothermia dalam air 28 °F (−2 °C). Hanya dua dari 18 perahu penyelamat yang kembali untuk menyelamatkan korban dari dalam air selepas kapal tenggelam. Perahu penyelamat nomor empat kembali dan menyelamatkan lima orang, dua dari mereka kemudian tewas. Hampir satu jam kemudian perahu penyelamat nomor empat belas kembali dan menyelamatkan empat orang penumpang yang mana satu penumpang kemudian tewas juga.
Penumpang yang lain berhasil menaiki perahu penyelamat yang terapung dari geladak. Terdapat perdebatan di antara penumpang yang selamat. sebagian penumpang yang selamat berinisiatif untuk kembali, tetapi kebanyakan yang selamat takut bila perahu penyelamat mereka akan tenggelam akibat dinaiki korban yang mencoba menaiki perahu mereka atau ditarik oleh Titanic yang tenggelam, walaupun sebenarnya hanya sedikit tarikan yang ada. Kedua bagian kapal tersebut tenggelam dengan cara berbeda. Bagian depan menancap kira-kira 609 m (2.000 kaki) di bawah permukaan dasar laut dan mendarat dengan agak perlahan. Sedangkan bagian belakang tenggelam dengan cepat ke dasar lautan; badan kapal terburai akibat terdapat udara yang terperangkap di dalam kapal. Bagian belakang kapal menghantam dasar dengan kecepatan tinggi, terbenam jauh ke dalam lumpur.

Diselamatkan

Hampir dua jam setelah Titanic tenggelam, RMS Carpathia tiba di tempat kejadian dan mengambil perahu penyelamat pertama. Dalam beberapa jam kemudian, mereka yang masih hidup diselamatkan. Di geladak Carpathia, doa khusyuk yang singkat untuk mereka yang terselamatkan dan untuk memperingati mereka yang tewas diadakan, dan pada pukul 08:50 AM, Carpathia menuju ke New York, dan sampai pada tanggal 18 April.
Saat santunan jiwa diberikan, White Star Line menyewa kapal MacKay-Bennett untuk mengevakuasi jenazah. Sejumlah 338 jenazah akhirnya ditemukan. Kebanyakan jenazah dievakuasi ke Halifax, Nova Scotia, sedangkan jenazah yang tidak dikenal dikebumikan di Pemakaman Fairview.

Dampak setelah kejadian

Saat berita mengenai malapetaka tersebut tersebar, banyak orang yang terkejut bahwa Titanic telah tenggelam dengan jumlah korban tewas yang begitu tinggi walaupun dilengkapi dengan teknologi yang maju. Surat kabar dipenuhi berita dan gambaran mengenai malapetaka tersebut dan semuanya tidak henti-hentinya untuk mendapatkan berita terkini. Banyak kotak amal dibuat untuk membantu korban dan keluarga mereka, banyak yang kehilangan orang yang merupakan tulang punggung keluarga, atau dalam kasus penumpang kelas tiga, semua barang yang mereka miliki tenggelam.
Tenggelamnya kapal itu memberi dampak yang mendalam kepada penduduk Southampton. Menurut Hampshire Chronicle pada 20 April 1912, hampir 1.000 keluarga setempat terkena dampaknya secara langsung. Hampir setiap jalan di daerah Chapel kota tersebut kehilangan lebih dari satu penduduk dan hampir 500 rumah kehilangan keluarga.
Sebelum korban yang terselamatkan sampai ke New York, pemeriksaan telah dibuat untuk mengetahui apa yang terjadi atas Titanic, dan apa yang dapat dilakukan untuk menghindari terulangnya peristiwa itu. Senat Amerika Serikat memulai pemeriksaan mengenai musibah Titanic pada 19 April, sehari selepas Carpathia tiba di New York dengan yang selamat. Ketua Penyelidikan, Senator William Alden Smith, ingin mengumpulkan kesaksian penumpang dan awak kapal saat masih segar dalam ingatan mereka. Smith juga memerlukan panggilan tertulis warganegara Inggris untuk pengadilan pada waktu mereka masih berada di negara Amerika. Pemeriksaan Amerika berlangsung sampai tanggal 25 Mei Lord Mersey dilantik untuk mengetuai penyelidikan Dewan Perdagangan Inggris mengenai musibah tersebut. Pemeriksaan Inggris berlangsung antara 2 Mei dan 3 Juli. Setiap pemeriksaan mengambil pendapat dari kedua penumpang maupun ABK Titanic, dan ABK Californian dan pakar lain.

Para penyelidik mendapati kebanyakan peraturan keselamatan ketinggalan zaman dan dengan itu pelbagai langkah keselamatan baru diberlakukan. Kedua pemeriksaan mengenai musibah tersebut mendapati kapten dan kapal Californian gagal memberikan bantuan sewajarnya kepada Titanic. Pemeriksaan tersebut mendapati bahwa Californian lebih dekat dengan Titanic berjarak 31 km (19,5 mil) yang disayangkan oleh Kapten Lord dan bahwa Lord seharusnya membangunkan operator nirkabel setelah tembakan suar dilaporkan kepadanya. Dikarenakan operator nirkabel Californian tidak bertugas, 29 negara mengesahkan Akta Radio 1912, yang menyamakan komunikasi radio, terutama dalam keadaan bahaya.
Musibah tersebut turut mendorong International Convention for the Safety of Life at Sea di London, Inggris, pada 12 November 1913. Pada 20 Januari 1915, persetujuan ditandatangani oleh organisasi tersebut dan menghasilkan pendirian dan pembiayaan Patroli Es Internasional, agensi Pegawai Pesisir Amerika Serikat yang sampai hari ini memantau dan melaporkan lokasi gunung es terapung Lautan Atlantik yang dapat menjadi ancaman bagi jalur laut trans-Atlantik. Disetujui juga dalam peraturan baru bahwa semua kapal penumpang perlu mempunyai perahu penyelamat yang mencukupi bagi semua penumpang di atas kapal, dan latihan keselamatan yang sesuai dilakukan, dan semua komunikasi radio dikendalikan 24 jam sehari bersama pusat kendali kedua, agar tidak terlewatkan panggilan darurat. Sebagai tambahan, disetujui bahwa tembakan suar berwarna merah dari kapal haruslah dianggap sebagai tanda darurat dan bahaya.

Rujukan
Eaton, John P. and Haas, Charles A. Titanic: Triumph and Tragedy (2nd ed.). W.W. Norton & Company, 1995 ISBN 0-393-03697-9
Lynch, Donald and Marschall, Ken. Titanic: An Illustrated History. Hyperion, 1995 ISBN 1-56282-918-1
O'Donnell, E. E. Father Browne's Titanic Album. Wolfhound Press, 1997. ISBN 0-86327-758-6
Quinn, Paul J. Titanic at Two A.M.: An Illustrated Narrative with Survivor Accounts. Fantail, 1997 ISBN 0-9655209-3-5


Jembatan Selat Sunda Pakai Teknologi Italia

Studi kelayakan Jembatan Sunda membutuhkan dana US$140 juta atau sekitar Rp1,2 triliun.

VIVAnews - Pembangunan Jembatan Selat Sunda masih menunggu Keputusan Presiden guna menyusun studi kelayakan proyek tersebut. Teknologi yang digunakan diperkirakan mengadopsi Jembatan Selat Messina di Italia.

"Kalau ini keluar, dibuat badan hukumnya, maka feasibility study (studi kelayakan) akan jalan," kata Direktur PT Bangungraha Sejahtera Mulia, Agung R Prabowo, di Jakarta, Selasa 23 November 2010.

Bangungraha Sejahtera Mulia merupakan salah satu perusahaan di bawah naungan Artha Graha Network (AG Network) sebagai konsorsium pembangunan Jembatan Selat Sunda.

Ia mengatakan, studi kelayakan tersebut membutuhkan dana sebesar US$140 juta. Estimasi dana tersebut berdasarkan pengalaman pembangunan Euro Canals. "Jika studi kelayakan selesai, angka-angkanya nanti akan terukur," ujar dia.

Studi kelayakan itu antara lain menunjukkan teknologi yang akan digunakan, dana yang dibutuhkan, dan keterkaitan sosial. Jembatan ini akan menggunakan teknologi yang dipakai Jembatan Selat Messina di Italia. "Teknologi ini pun sudah diterapkan di China," kata dia.

Dia menjelaskan, dana tersebut akan dikeluarkan oleh pihak swasta. Sementara itu, lamanya studi kelayakan berdasarkan pengalaman dilakukan selama 2-3 tahun.

Menurut dia, keputusan pemerintah untuk proses studi kelayakan hingga pembangunan jembatan sudah dinantikan para investor terutama dari luar negeri. "Banyak yang menyatakan minat, hanya saja mereka minta kepastian," kata Agung.

Investor China merupakan pihak yang serius menyatakan minatnya. "Yang sangat serius ada 4-5 perusahaan," kata dia. Namun, Agung belum dapat menyebutkan nama perusahaannya.

Keseriusan mereka juga didorong oleh pemerintah China. "Indonesia pasar yang potensial buat mereka. Jembatan ini dapat meningkatkan tingkat konsumsi masyarakat, dan nilainya besar," tuturnya.

Sementara itu, untuk perusahaan domestik, baru PT Jasa Marga Tbk dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang menyatakan keseriusannya. Jasa Marga akan menangani jalan tol, sedangkan PLN akan turut dalam pembangunan jaringan kabel.

"Mereka (PLN) punya rencana membangun jaringan kabel di bawah laut. Tapi mereka ingin ikut dengan kami melalui proyek jembatan tersebut," kata dia.

Agung mengatakan PLN memiliki alokasi dana US$2 miliar untuk pembangunan jaringan kabel itu. "Mereka pernah menyampaikan agar alokasi dana tersebut dijadikan equity untuk pembangunan jembatan ini kepada Menteri Keuangan, waktu itu Sri Mulyani," kata dia.

Seperti diketahui, pemerintah Indonesia dengan dimotori dua gubernur yakni Gubernur Banten dan Gubernur Lampung mewakili gubernur se-Sumatera, berinisiatif mengajukan proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda sebagai proyek prioritas. Diharapkan megaproyek ini bisa segera dibangun dan selesai pada 2020.

sumber dari VIVAnews

Jembatan Sunda Bisa Kalahkan Golden Gate AS

Alasannya, jembatan ini dibandung dengan teknologi sudah canggih, dibanding Golden Gate.

VIVAnews - Pemerintah bermimpi Jembatan Selat Sunda (JSS) bisa menjadi ikon dan kebanggaan Indonesia. Keberadaan Jembatan yang menghubungkan Jawa-Sumatera ini bisa melebihi ikon Golden Gate Bridge di San Francisco, Amerika Serikat atau Sydney Harbour Bridge di Australia.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak meyakini JSS bisa menjadi kebanggaan karena dibangun pada masa kini. Beda dibanding kedua jembatan yang dibangun pada awal abad ke 19.

"Dunia saat ini sedang melihat ini, karena Jembatan Selat Sunda termasuk terpanjang di dunia, beda dengan Golden Gate Bridge dan Sydney Harbour Bridge," kata Hermanto di Kantor Kementerian Keuangan, Jumat 26 November 2010.

Dunia juga memperhatikan JSS karena jembatan ini merupakan salah satu jembatan suspensi yang akan melewati palung dengan dalam 150 meter. "Sehingga kita harus yakin, JSS bisa dibangun dengan teknologi terkini," katanya.

Hermanto menceritakan bahwa saat ini proses pembangunan Jembatan Selat Sundah tengah dalam tataran konsep apa yang harus diteliti dalam studi kelayakan. "Jembatan ini akan dibangun seperti apa?," kata Hermanto. Konsep studi ini dijanjikan selesai tahun ini dan studi lapangan sesungguhnya mulai tahun depan.

Dalam penyusunan konsep ini pemerintah sedang membuat kriteria apa saja yang harus dilakukan di FS (feasibility sudti/studi kelayakan). Setelah itu konsep pra FS akan diberikan kepada konsorsium untuk melaksanakan.

Konsep pra FS, kata Hermanto, sedang dibahas oleh tim nasional dan sekretariat. Mereka adalah tim yang mengidentifikasi bagaimana jembatan akan dibangun, rute persisnya seperti apa, jarak ke Gunung Krakatau berapa jauh, dan melakukan semuanya dilakukan dengan simulasi.

"Diharapkan nanti BUMN dan BUMD juga menjadi mitra swasta dalam membangun jembatan ini," kata Hermanto. Pemerintah berharap dana swasta adalah yang terbesar porsinya sedangkan pemerintah hanya memberikan dukungan.

Tak hanya ikon karena canggih dari sisi teknologi pembuatan, kata Hermanto, Jembatan Selat Sunda juga akan dibuat menarik. Salah satunya bagaimana ide memanfaatkan ombak serta tenaga angin dan panas matahari di Selat Sunda sebagai sumber energi terbarukan. Diharapkan energi terbaharukan itu bisa menjadi landmark khusus untuk membentuk kawasan mandiri energi.

"Kami harap pariwisata bisa tumbuh disana," katanya. (hs)

sumber dari VIVAnews