Sabtu, 22 Maret 2014

Cara Merawat Fuel Pump Yamaha Vixion

Motor Yamaha V-ixion adalah motor injeksi yang sistemnya banyak main sensorelektrik. Perawatannya perlu perhatian lebih dibanding motor bakar padaumumnya.Untuk fuel pumpnya, kalau bisa penggunaan bahan bakar Yamaha yang stabil jangan gonta-ganti. Terus ke permasalahan operasional Yamaha Vixion, kontak dulu, jangan langsung start, tunggu sensor kedipnya mati baru distarter. Karena arus yang ada di fuel pump baru bekerja setelah sensornya tersambung, dan perawatan kebersihan tangki Motor Yamaha Vixion perlu dijaga. Jangan pakai bahan bakar yang eceran karena kualitasnya akan ada efek di cara kerja pompa bensinya sendiri ± Semua perawatan jenis motor hampir sama baik itu karburator maupun injection. ³Kalau sudah 10.000 km khususnya Yamaha V-Xion yang harus dilakukan yaitu, pergantian air colen, pembersihan
kerak dikepala selinder, penyetelelan klep dan ganti filter, oli hukumnya wajib,´ jelas Paolo Irfansyah pemilik bengkel VJ Racing Speed. Pengecekan tersebut, gunanya agar performa V-ixion tetap terjaga. Nah, sebaiknya mas Faridcek km pada indikator. Kalau sudah 10.000 km terapkan seperti yang diinstruksikan oleh Irfan punggawa VJ Racing Speed Cara perawatan vixion gmn?  1.air cooler musti diganti gak yah? (air cooler ma air radiator beda gk sih?) 2.oli mesin yang cocok ke vixi apa? 3.kalo diservis ringan apanya yang hrs diservis? kan gak ad karbu.
 1. cooler gk di ganti tapi di tambah klo dah abis..biasanya 1thn pake abis tuh cooler..yaa tergantung pemakaian jg sih..cooler ma air radiator beda..klo air radiator ya air yg ada di dlm radiator..klo cooler nya ada dibalik deltabox sebelah kiri..lo liat aja dari bawah..pasti kliatan pake botol putih warna coolernya biru.
 

2. oli pake ja bawaan pabrik..yamalube..gk da masalah kok..gw jg pake itu..palagi vixi lo baru..pasti masih ada service gratis ma oli gratis..
 
3. service ringan nih gmn maksudnya..klo mo service mending bawa ke BeRes (bengkel resmi) ja..sbnrnya service nya sih cuma bersihin air filter, ganti oli, sama bersihin selang injeksi aja..tapi klo di BeRes biasanya di setting pake komputer lagi sama mekaniknya..jadi mending ke BeRes aja..
 
4.klo utk perawatan sehari2- perhatikan keketatan rantai..jgn longgar ato ketat bgt.. lumasi rantai sehabis mencuci motor. klo mo cuci motor jgn semprot di bagian dalam jok/bawah jok..krn di situ banyak alat2 kelistrikan..takutnya ntar kena semprotan air malah masalah mati klistrikannya..klo mau bersihkan bagian dalam jok pake kain basah aja.. perhatikan angin dalam ban.- minyak jgn sering sampai tangki kosong..isi minyak sebelum tangki kosong…pake pertamax/ pertamax plus..disarankan krn komparasi mesin vixi dah
tinggi..jgn pake premium..krn premium blm bebas timbal..ntar kotoran mengendap dan dapat merusak injeksinya.. yaa hampir sama deh cem motor kebanyakan..

Manager Technical Service PT Yamaha Motor Kencana Indonesia(YMKI) menegaskan kalau yang dilakukan pada sistem injeksi sama sekali tak perlu penggantian pada sistem pasokan bahan bakar. Cuma perawatan atau membersihkan.
 
Yamaha V-ixion Biaya (Rp) Perawatan Servis rutin 3 kali @ Rp37.000 111.000 Servis besar 1 kali 90.000 Penggantian komponen Filter udara 21.000 Busi 12.000 Oli (Yamaha Lube) 4 kali @Rp 29.000 116.000 Radiator coolant 25.000
 
Sumber:Motor Plus

Tidak ada komentar: