Kamis, 20 Januari 2011

Berbagai Tips Tentang Rambut

Mencegah dan Mengatasi Rambut Rontok

Rambut yang rontok adalah sesuatu yang bisa menimbulkan kekecewaan dan kekhawatiran bagi seorang wanita. Sebaliknya rambut yang indah akan menambah rasa percaya diri pada si pemilik rambut.

Lalu bagaimana cara merawat dan mengatasi rambat yang mulai rontok. Berikut tips yang dapat di terapkan untuk mengatasi kerontokan rambut :

1. Makanlah makanan bergizi, terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan organ tubuh termasuk rambut. Sumber protein utama berasal dari ikan, telur, kacang kacangan, yogurt, kedelai dan lain lain.

2. Oleskan kondisioner yang mengandung ginseng agar rambut sehat berkilau dan tidakmudah patah.

3. Selagi Anda memakai kondisioner, sisirlah rambut dengan sisir bergigi jarang. Fungsinya agar rambut tidak kusut saat dibilas.

4. Pilih sampo herbal atau sampo yang ekstra ringan agar kulit kepala lebih nyaman.

5. Hindari menggunakan air panas saat keramas. Gunakan air dingin atau hangat kuku.

6. Keringkan rambut tanpa hairdryer dan juga jangan pakai handuk. Rambut yang dikucek-kucek dengan handuk akan mudah tercabut dari akarnya karena kulit kepala sangat lembab. Rambut cukup diangin-anginkan saja.

7. Pakaikan hair tonic atau serum untuk menyuburkan rambut. Hair tonic yang mengandung ginseng bagus untuk merangsang pertumbuhan rambut baru.

8. Sebisa mungkin hindari minuman yang mengandung kafein karena tidak baik bagi pertumbuhan rambut.

9. Keramaslah dengan sampo yang mengandung ginseng, yang berfungsi membersihkan rambut dari segala kotoran dan menguatkan batang rambut sehingga tidak mudah patah.

10. Gunakan masker rambut sebagai nutrisi untuk merawat dan memulihkan kesehatan dan keindahan rambut. Pakai 2-3 kali seminggu.

11. Kurangi penggunaan gel rambut, krim, minyak rambut, pewarna rambut dan spray rambut. Sebaiknya gunakanlah produk yang terbuat dari bahan alami.

12. Jika rambut masih terjadi kerontokan terus, periksakan ke dokter ahli dermatologi.


7 Penyebab Kerusakan Rambut

Nasib sehelai rambut akan sangat bergantung pada cara Anda memperlakukannya. Pada awalnya rambut terlahir dengan kekuatan dan kelembaban alaminya. Apakah tiap helainya akan tumbuh indah atau justru rusak dan rontok, kendali ada di tangan Anda.

Selain faktor metabolisme, stres, dan hormonal, ada beberapa faktor eksternal yang membuat perlindungan alami kulit kepala terganggu. Apa saja kebiasaan yang menyebabkan rambut cepat rusak?

1. Bleaching

Bleaching merupakan bagian dari proses pewarnaan rambut. Ini karena rambut orang Asia yang berwarna hitam tidak dapat langsung diubah warnanya sehingga warna rambut alami kita harus dihilangkan dulu agar menjadi lebih terang.

Proses bleaching berisiko tinggi merusak rambut. "Saat bleaching, kutikula rambut akan dimasukkan bahan-bahan kimia sehingga pigmen alami rambut hilang," kata Paradi Mirmirani, dermatologis dari The Permanente Medical Group, California, AS. Padahal, kutikula adalah pelindung rambut. Akibatnya, kutikula terbuka sehingga rambut lebih rentan rusak.

2. Pengeritingan

Bahan kimia yang digunakan dalam proses pengeritingan tentu saja akan merusak rambut karena hilangnya protein amino dalam rambut. Seperti saat rambut di-bleaching, proses pengeritingan juga akan membuat kekuatan alami rambut terkikis. Selain itu rambut pun terlihat kusam dan kering.

3. Highlight dan pewarnaan

Pewarnaan dan highlight rambut memang tidak menimbulkan efek kerusakan seperti saat rambut di-bleaching. Namun, bukan berarti pewarnaan rambut tidak merusak rambut. Proses ini juga membuat struktur alami rambut berubah, selain itu bila Anda tak melakukan perawatan rambut pascapewarnaan, rambut juga lebih kering dan patah-patah.

4. Blowdry dan catok

Uap panas yang dihasilkan oleh dua alat tersebut akan menyebabkan hidrogen yang merekatkan rambut rusak sehingga rambut menjadi kering dan rapuh. Bila Anda termasuk pengguna setia hair dryer dan catok rambut, gunakan kondisioner dan produk perawatan rambut lainnya untuk melindungi rambut.

5. Menguncir rambut

Untuk menghindari kerusakan, jangan terlalu sering menguncir rambut, apalagi mengikatnya terlalu kencang. Selain itu, hindari menguncir rambut saat rambut dalam kondisi basah atau lembab agar terhindar dari kondisi rambut patah.

6. Menyisir

Sadarkah Anda bahwa kegiatan sederhana seperti menyisir rambut ternyata bisa merusak rambut? Hal ini terjadi bila Anda terlalu sering menyisir rambut. "Rambut yang sering disisir akan menyebabkan pergesekan rambut yang berlebihan sehingga rambut mudah patah," kata Mirmirani. Namun, jarang menyisir rambut juga tak disarankan karena rambut jadi mudah kusut. Jadi, secukupnya saja.

7. Terlalu sering keramas

Tujuan kita mencuci rambut adalah membersihkan kulit kepala dari minyak. Namun, bila dilakukan terlalu sering, pelembab alami rambut akan terkikis. Padahal, pelembab rambut itu dibutuhkan kulit kepala agar rambut selalu sehat. Keramas setiap hari dianjurkan bila kulit kepala Anda cenderung berminyak. Namun, bila rambut mulai terlihat kusam, itu artinya Anda perlu menjadwal ulang waktu keramas Anda.


Tips Agar Rambut Sehat dan Kuat

Bukan hanya perempuan yang menjadikan rambut sebagai mahkotanya. Kaum lelaki pun mulai risau saat kebotakan dan uban menyerang.

Jangan risau akan hal ini karena masih bisa dicegah dengan cara memelihara rambut secara intensif dan benar sejak dini untuk memperlambat proses timbulnya uban dan rontoknya rambut secara abnormal.

1. Memelihara kadar minyak alami yang terdapat di kulit kepala.

Kadar minyak yang berlebihan hanya akan menghambat saluran minyak menuju folikel. Sementara, kadar minyak alami yang terlalu sedikit akan menyebabkan kulit kepala Anda menjadi terlalu kering.

Jadi supaya kadar minyak kulit kepala tetap terjaga, Anda sebaiknya mengetahui jenis shampo yang tepat dan sesuai dengan kondisi rambut dan kulit kepala Anda.

2. Mencoba terapi pemijitan kulit kepala seperti hair spa atau creambath sebagai alternatif lain agar rambut lebih sehat.

Terapi ini konon akan memperlambat proses timbulnya uban dan kerontokan rambut yang berlebihan. Terapi tradisional dengan bahan alami, seperti lidah buaya, merang, maupun ginseng juga sangat diperlukan dalam mencegah kerontokan dan tumbuhnya uban lebih awal.

3. Pola makan bergizi juga penting untuk menjamin pemenuhan gizi tepat untuk kesehatan rambut.

Beberapa zat gizi yang penting diperhatikan untuk mendapatkan rambut yang sehat dan kuat, antara lain adalah protein, vitamin A, vitamin B kompleks (vitamin B2, vitamin B6, Vitamin B12, biotin, asam folat), zink, zat besi, copper, iodine, dan inositol.

Aneka vitamin dapat membantu menjaga kesuburan rambut, seperti halnya vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala, vitamin B kompleks untuk melancarkan produksi minyak guna menjaga kesehatan dan kelembaban rambut, serta vitamin B kompleks yang konon mampu menghambat pertumbuhan uban.

4. Perbanyak juga konsumsi air putih minimal 2 liter per hari untuk membantu proses penundaan kerusakan rambut.


Merawat Rambut Yang Diwarnai

Mendapatkan warna rambut yang tepat dan sesuai memang tak selalu mudah. Bahkan, mungkin dibutuhkan beberapa kali percobaan dengan mengganti warna rambut sampai Anda menemukan penata rambut yang sangat ahli dalam hal pewarnaan rambut. Jadi, bila rambut Anda sudah menemukan ‘jodoh’ warna yang tepat, saatnya Anda mengetahui trik terkini untuk merawatnya, agar rambut selalu sehat dan tahan lama kilau serta warnanya.

CUCI DENGAN AIR DINGIN

Mendapatkan warna rambut dengan highlight yang indah bukan hal mudah ataupun murah. Jadi, perlakukan rambut Anda seperti barang favorit Anda terbaru, yaitu dengan perhatian khusus.

Hindari mencuci rambut 24 jam setelah pewarnaan. Jangan meng-gunakan air panas untuk mencuci rambut karena ini akan lebih membuka kutikula rambut dan mengurangi kelembapan.

JAGA KELEMBAPANNYA

Rambut yang telah diwarnai cenderung lebih kering. Jadi, jangan pernah lupa untuk memberikan conditioner setiap usai mencuci rambut untuk menjaga helaian rambut agar ti-dak kering dan pecah.

WARNA LEBIH TAHAN LAMA

Warna rambut cepat luntur? Jangan khawatir, pertahankan war-nanya dengan color enhancer yang mengandung conditioner. Produk ini mengandung pewarna, jadi pastikan Anda memilih yang sesuai dengan warna rambut. Setelah rambut dicuci dengan sampo, usapkan color enhancer secukupnya. Diamkan selama 5-10 menit, lalu bilas.

UNTUK KILAU WARNA RAMBUT

Gunakan lotion khusus untuk mempertahankan kilau rambut setelah keramas. Cairan ini hampir sama dengan conditioner, tetapi fungsi khususnya bukan melembapkan, tetapi melapisi helaian rambut sehingga warna tetap prima dan indah berkilau.

MAINKAN SUHU PENGERINGAN

Pengeringan secara alami memang akan lebih baik, karena rambut tidak terpapar panas secara berlebihan. Tetapi, jika Anda harus segera pergi beraktivitas dengan rambut kering, penggunaan pengering rambut tentu tak terelakkan. Triknya, mainkan suhu pengering rambut. Terlebih dulu, gunakan suhu dingin agar kutikula tertutup

CERMAT MEMILIH PRODUK TATA RAMBUT

Pilih produk yang disemprotkan karena lebih sedikit mengontaminasi rambut. Apabila Anda takut rambut rusak akibat setiap hari terkena produk tata rambut dan pengering rambut, sementara Anda juga menginginkan gaya rambut ikal setiap hari, coba lakukan perming atau keriting rambut. Pilih jenis ceramic perm, karena obat yang digunakan lebih aman, dan rambut gaya ikal bergelombang akan menambah volume dan mempertajam tekstur warna rambut.

BERSAHABAT DENGAN PENATA RAMBUT ANDA

Utarakan keinginan Anda dengan jelas, seperti potongan rambut yang disukai, warna favorit Anda, sampai gaya riasan Anda. Hal ini penting agar mereka mendapat gambaran yang benar untuk memilihkan warna yang tepat, sehingga Anda puas pada hasil pewarnaannya.


Mengatasi Rambut Rontok dengan Minyak Alami


Salah satu trik untuk membuat rambut sehat adalah dengan memijat kulit kepala menggunakan minyak rambut yang tepat. Trik ini sudah diketahui sejak lama yang diturunkan dari generasi ke generasi. Penggunaan minyak rambut biasanya direkomendasikan untuk mengatasi rambut rontok. Pijatan kepada kulit kepala terbukti sukses dalam mempercepat pertumbuhan rambut.

Kali ini Info Ringan akan menyajikan kepada Anda beberapa minyak yang seringkali digunakan dalam memijat kulit kepala dengan tujuan merangsang pertumbuhan rambut .

Berikut beberapa minyak tersebut :

Minyak Zaitun

Sudah sejak lama minyak zaitun dipercaya sebagai salah satu bahan alami yang mampu mengatasi permasalahan rambut. Dengan mengoleskan minyak zaitun secara teratur, secara signifikan akan mengurangi permasalahan rambut rontok Anda. Kandungan dalam minyak zaitun mencakup Vitamin D, Vitamin E, dan Vitamin B (Niasin dan Biotin). Vitamin E dalam minyak zaitun mampu meningkatkan aliran darah ke kulit kepala, yang pada gilirannya terbukti mampu merangsang pertumbuhan rambut.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa banyak direkomendasikan untuk perawatan rambut. Nyatanya orang-orang lebih suka menggunakan minyak kelapa daripada minyak lainnya karena harganya yang murah dan dianggap sebagai minyak terbaik untuk perawatan rambut sehat. Pemijatan kulit kepala dengan minyak kelapa sangat dianjurkan karena tidak hanya meningkatkan pertumbuhan rambut tetapi juga dapat membantu memperbaiki kerusakan pada rambut.

Minyak Jarak

Minyak jarak memiliki kandungan Omega 9 yang berfungsi sebagai mousturizer atau pelembab yang sangat baik untuk membantu mengatasi kulit kepala yang kering. Bagi seseorang yang memiliki keluhan rambutnya tipis, dengan mengoleskan minyak jarak secara teratur akan menjadikan rambut tipis Anda menjadi lebih tebal.

Minyak Almond

Minyak ini memang tidak terlalu populer di Indonesia karena agak susah mendapatkannya. Meskipun demikian minyak ini memiliki khasiat mencegah kerontokan rambut, memperkuat dan merevitalisasi pertumbuhan rambut. Pijatan harian dengan menggunakan minyak almond dipastikan akan merangsang pertumbuhan rambut secara signifikan.

Keempat jenis minyak tersebut jika digabungkan dengan diet kaya protein dianggap sebagai kombinasi yang tepat untuk mendapatkan rambut yang tebal dan sehat. Meskipun demikian karena metodenya alami maka hasil yang dicapaipun tidak akan bekerja secara cepat. Butuh waktu 6-7 minggu untuk mengatasi masalah kerontokan rambut Anda. Walaupun lama, cara alami jauh lebih aman dan bebas dari efek samping.

berikut ada tips dan info yang bisa bermanfaat :

1. Masyarakat di Indonesia umumnya memiliki type kulit kepala berminyak dengan helai rambut yang kering.

2. Ketombe dapat disebabkan karena ada virus pada kulit kepala, tetapi tidak sedikit pula disebabkan karena polusi dan kotoran (debu) yang menempel di kulit kepala.

3. Hindari penggunaan sisir atau topi atau asesoris rambut milik orang lain, sebab sering terjadi kasus virus ketombe dapat berpindah dengan cara tersebut.

4. Hindari menuangkan cairan shampo langsung kekulit kepala, sebaiknya diusapkan dulu ditangan, sebab kandungan sabun (pembuat busa) pada shampoo apabila tidak terbilas bersih dapat menyebabkan rambut terasa kering dan timbul bintik2 putih (bukan ketombe)

5. Hindari gonta ganti shampo terlalu cepat, sebab selain dari shampoo memiliki bahan aktif yang berbeda-beda, kulit kepala butuh masa penyesuaian terhadap sampo yang satu dengan yang lain. Terkadang setiap beralih satu shampo ke shampo yang lain timbul efek kerontokan berlebih atau rasa gatal, jangan panik, sympton tersebut wajar. Selama rasa gatal tidak disertai iritasi merah dan terus menerus.

6. Ingat !!! Bilas rambut setelah keramas minimal 3 kali lebih banyak dibanding sebelum keramas. Sebab seringkali rambut terasa kering karena sisa sabun (pembuat busa / surfactant) belum benar2 hilang.

7. Jangan memijat/menggaruk rambut dengan ujung kuku tetapi gunakan telapak jari, sebab dapat menyebabkan iritasi pada kulit kepala bahkan luka.

8. Kurangi atau bahkan hindari pemijatan terlalu keras pada kulit kepala, sebab pembuluh darah yang mensuplai nutrisi ke rambut berada diantara kulit kepala dan tengkorak kepala. Jadi bisa dibayangkan apabila memijat kulit kepala terlalu keras, pembuluh darah bisa terhambat dan suply nutrisi berkurang.

9. Semua bentuk masalah kesehatan tubuh manusia, tidak terkecuali rambut selalunya disebabkan faktor pola hidup. Makanan berminyak, makanan pedas, minuman beralkohol, rokok, kurang tidur dst, dapat juga menyebabkan rambut tidak sehat. Menggunakan penutup kepala (topi, helm dsb) terlalu seringpun dapat menyebabkan masalah rontok dan ketombe.

10. Belum ada bukti yang melarang orang untuk keramas setiap hari, produksi minyak dikulit kepala tidak akan habis hanya karena setiap hari kita keramas. Justru sebaliknya rambut dan kulit kepala adalah bagian tubuh yang sangat rentan dengan polusi dan debu penyebab rontok dan ketombe apabila tidak rajin kita cuci, logikanya kita bersihkan tubuh kita dengan sabun setiap hari padahal tertutup pakaian, apalagi rambut yang tidak ada pelindungnya.

11. Cara menyisir rambut sebaiknya dimulai dari ujung rambut dan perlahan naik mendekati pangkal rambut, bukan sebaliknya. Hindari menarik sisir terlalu keras, sebab dapat merusak akar rambut.

12. Kaum adam lebih mudah mengalami kebotakan dibanding kaum hawa sebab faktor genetika, kaum hawa memiliki kromoson 2 kali dibanding pria.


Sumber :google,berbagai forum.

Tidak ada komentar: