Senin, 31 Januari 2011

Tanda Stres Memicu Insomnia

Peningkatan stres dapat menyebabkan masalah fisik dan emosional.

VIVAnews - Saat stres, reaksi tubuh bisa berbagai macam. Itu karena respons tiap orang terhadap stres berbeda-beda. Beberapa orang mengalami insomnia atau gangguan tidur saat mengalami masalah, baik di tempat kerja, rumah, hubungan asmara, atau kehidupan sosial lainnya.

Stres adalah hal normal dari kehidupan sehari-hari, namun peningkatan stres dapat menyebabkan masalah fisik dan emosional.

Untuk mengetahui apakah stres memengaruhi pola tidur Anda, pertimbangkan delapan tanda stres pemicu insomnia, seperti dikutip Health:

1. Perubahan waktu dan pola tidur
2. Sakit kepala, nyeri leher, dan pegal pada punggung
3. Napas tersengal-sengal dan detak jantung tak stabil
4. Tangan berkeringat
5. Kembung dan nyeri pada perut
6. Cepat marah
7. Kelelahan
8. Sulit mengingat, konsentrasi, atau membuat keputusan

Perubahan dalam harapan hidup atau tekanan yang begitu besar dapat menyebabkan stres. Termasuk perubahan dalam hubungan perkawinan, pekerjaan, keuangan, atau kewajiban dalam keluarga.

Itu penting diketahui demi mengevaluasi semua aspek kehidupan Anda, karena stres bisa terakumulasi dari waktu ke waktu. Jika dibiarkan bisa menurunkan kualitas hidup Anda dan orang sekitar.

Sebaiknya, apabila menurut Anda stres adalah pemicu utama masalah tidur, mintalah bantuan pada psikolog atau dokter. Ini sangat penting untuk mengurangi tingkat stres dan membuat Anda lepas dari insomnia.

• sumber dari VIVAnews _ ahmad khumaidi

Tidak ada komentar: