Sabtu, 08 Januari 2011

tips

Nggak ada lagi deh critanya bete’ sama masalah rambut, yakin deh semua bisa diatasi..
Mulai dari rambut rusak, rontok, berketombe atau lepek pastinya bikin penampilan jadi minus. Tenang..nggak perlu khawatir, ini dia trik buat ngatasin berbagai masalah rambut dengan menggunakan masker alami buatan sendiri! Praktis ‘n murah meriah lagi. Let’s Go Check..

Masalah Rambut Berketombe
Cirinya yaitu rambut akan mengeluarkan serpihan (putih) dari kulit kepala dan seringkali memberikan efek gatal-gatal pada kulit kepala.

Masker untuk perawatannya
Bahan:

-3 batang daun sayur kangkung
-3 helai daun seledri
-200ml air bersih
-1 sendok teh garam

Caranya:
Campur sayur kangkung, seledri, garam, lalu tumbuk hingga halus. Sekarang siapkan sebuah baskom kecil, masukkan campuran tadi ke dalam baskom, lalu tambahkan air. Kocok perlahan semua bahan lalu saring kemudian keramaslah dengan hasil saringan tadi. Diamkan dahulu selama 30 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Lakukan perawatan ini paling tidak 2-3 kali seminggu.

Masalah Rambut Rontok
Alaminya kita biasanya akan mengalami kerontokan rambut 50-100 helai per hari. Namun jika berlebihan dan terus dibiarkan, maka kerontokan rambut bisa mengakibatkan rambut jadi tipis hingga kebotakan.

Masker untuk perawatannya
Bahan:

- 2 sendok makan madu
- 3 sendok makan minyak zaitun

Caranya:
Campur madu dan minyak zaitun. Baurkan campuran tersebut ke atas rambut dalam keadaan setengah basah setelah dikeramas. Oleskan campuran tadi dari akar hingga ujung rambut sampai merata. Diamkan selama kurang lebih 15–20 menit. Lalu kemudian bilas lagi rambut dengan menggunakan shampo biasa.

Masalah Rambut Kusam
Rambut dengan jenis ini akan memperlihatkan helaian rambut yang kering, kasar, dan yang pasti nggak bercahaya.

Masker Perawatannya
Bahan:

- 1 buah pisang Ambon
- 1 butir telur
- 3 sendok makan susu
- 3 sendok makan madu
- 5 sendok makan minyak zaitun

Caranya:
Setelah pisang dilumatkan, campurkan bersama telur, madu, susu, dan minyak zaitun berbarengan ke dalam sebuah wadah (baskom). Aduk campuran tadi hingga merata. Aplikasikan pada rambut, lalu diamkan selama sekitar 15-30 menit. Akhiri dengan membilas rambut menggunakan shampo yang kandungannya ringan.

Masalah Rambut Lepek Berminyak
Rambut jenis ini biasanya akan terlihat lemas dan lepek setiap habis dicuci atau 2-3 hari setelahnya. Kulit kepala yang terlalu berminyak juga bisa bikin rambut terlihat lebih lepek dan lembab.

Masker Perawatannya

Bahan:

- 2 putih telur

Caranya:
Pecahkan telur, jangan lupa ambil bagian putihnya saja. Kocok hingga teksturnya kaku serta mengembang. Segera aplikasikan pada kulit kepala dan rambut dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Bilas rambut dengan shampo seperti biasa sesudahnya

Masalah rambut rontok kadang membuat kita pusing tujuh keliling. Utamanya buat kaum wanita yang biasanya sangat peduli akan keindahan mahkotanya tersebut.

Bila anda merasa bosan bolak-balik ke salon, mungkin anda bisa mencoba beberapa resep tradisional mengatasi kerontokan rambut yang bisa anda lakukan sendiri di rumah. Selain caranya mudah, bahan-bahannya pun tidak sulit kita dapatkan. Selamat mencoba.

1. Air Rendaman Teh

Rendamlah teh di dalam segelas atau dua gelas air dan biarkan semalaman. Gunakanlah air rendaman tersebut untuk keramas di pagi harinya. Lakukan setiap pagi.

2. Madu dan Minyak Zaitun

Campurlah 1 sendok makan minyak zaitun, 1 sendok makan madu dan 1 sendok the bubuk kayu manis menjadi sebuah ramuan. Lalu pijatkan perlahan pada kulit kepala pada setelah keramas, biarkan kurang lebih 15 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Daun Teh dan Air Jeruk Lemon

Buatlah air teh yang pekat lalu tambahkan sedikit air jeruk lemon ke dalamnya. Gunakan setelah keramas, lalu bilas hingga bersih.

4. Jahe

Kupas satu rimpang jahe, lalu dihaluskan. Setelah itu gosokkan pada kulit kepala sambil dipijat. Bilas hingga bersih.

Sumber :

199 Tips Cantik Mudah dan Murah dari Rumah, Andini, Media Pressindo, 2009


Tidak ada komentar: