Klik Ikannya..

Sabtu, 17 September 2011

Rahasia Di Balik Sperma Laki-Laki

Sperma adalah sesuatu yang mengagumkan dan banyak rahasia yang belum bisa diketahui. Salah satu rahasianya, sperma hanya bisa berenang maju dan tidak bisa mundur. Apalagi rahasia siklus kehidupan dari sperma?

Sperma memiliki siklus kehidupan tertentu mengenai berapa waktu yang dibutuhkan agar matang dan juga berapa lama sperma bertahan di dalam tubuh perempuan. Hal ini bisa membantu seseorang memahami lebih lanjut tentang spema.


 

Seperti dikutip dari Foxnews, Sabtu (4/12/2010) Dr David Shin, kepala pusat kesehatan seksual dan fertilitas di departemen urologi dari Hackensack University Medical Center di New Jersey menuturkan beberapa rahasianya:

1. Sperma diproduksi di testis dan membutuhkan waktu selama 10 minggu untuk menjadi matang. Sperma yang matang ini bisa menunggu selama dua minggu di daerah yang disebut epididimis (waduk penyimpanan sperma), organ ini berada di atas testis.

2. Berat dari sperma manusia sebesar 55 mikron (mikrometer atau sepersejuta meter).

3. Sperma ini sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'biji atau benih', yang hanya bisa berenang maju dan tidak bisa mundur.

4. Bentuk sperma yang normal memiliki kepala dan ekor, sedangkan yang abnormal memiliki dua kepala atau dua ekor.

5. Laki-laki yang sehat akan memproduksi 70-150 juta sperma per hari. Sperma ini terdapat dalam air mani yang mana rata-rata volume air mani normal yang dihasilkan pada ejakulasi adalah 2-5 ml (setengah sampai 1 sendok makan ukuran Inggris).

6. Dari setiap cairan semen (air mani) hanya terdapat sperma sebanyak 5 persen. Kebanyakan cairan semen ini terdiri dari cairan yang memberikan nutrisi serta menjadi pelindung pada saat sperma masuk melalui saluran reproduksi perempuan.

7. Sperma bisa bergerak rata-rata sejauh 1-4 milimeter per menit. Untuk menempuh perjalanan menuju sel telur di dua tabung falopi, sperma membutuhkan waktu 45 menit - 3 jam.

8. Dari sperma yang keluar saat ejakulasi, hanya sekitar 25-50 persen saja yang bisa bergerak maju dengan baik, dan terkadang ada sperma yang membutuhkan waktu selama 3 hari untuk mencapai sel telur.

Sperma yang sudah masuk ini bisa bertahan hidup sampai 5 hari di dalam rahim perempuan. Kondisi ini membuat seseorang bisa hamil setelah beberapa hari melakukan hubungan seksual.

9. Sperma ini mengandung Y dan X, sperma Y untuk membuat anak laki-laki dan berenang lebih cepat karena beratnya lebih sedikit dibanding sperma X (untuk membuat anak perempuan).

10. Untuk meningkatkan pergerakan dari sperma agar bisa berenang dengan cepat dan baik adalah 

mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran, mengurangi stres, berolahraga secara teratur, memperhatikan berat badan, menghindari penggunaan narkoba dan membatasi asupan alkohol.

11. Sperma bisa dijadikan zat kosmetik unik dengan efek peremajaan tubuh
 
Sperma memang mengandung unsur berguna bagi tubuh bila berada di lingkungan yang sesuai. Namun, pada beberapa orang, sprema menimbulkan reaksi alergi.

12. Berapa lama pria tidak melakukan seks bisa dilihat dari warna sperma
 
Beberapa hal dapat dideteksi dari warna. Kita bisa menentukan jumlah dan konsentrasi yang akan mempengaruhi warna sperma. Makin banyak dan padat bentuk sperma, menandakan jumlah sperma makin besar dan kemungkinan si pria sudah lama tidak bercinta.

13. Rasa sperma laki-laki tergantung asupan makanan
 
Dalam beberapa hal benar yang bergantung pada asupan makanan manis atau pedas. Namun, sperma memiliki citarasa tersendiri yang dapat memblokir rasa lainnya.
 
14. Menahan diri tak melakukan hubungan seks dapat meningkatkan jumlah sperma
 
Benar, namun jangan berlebihan. Pria harus mengeluarkan sperma setelah 7-10 hari atau kinerja sperma akan menurun. Hubungan intim sebanyak dua kali seminggu mendekati hari-hari ovulasi adalah waktu paling sempurna bila menginginkan kehamilan.

15. Kualitas sperma menurun seiring usia yang bertambah tua
 
Dari segi kualitas, sperma umumnya tidak berubah, namun dari sisi kemungkinan untuk membuahi sel telur semakin menurun.

16. Memakai pakaian ketat tidak sehat
 
Pakaian ketat akan mengurangi aliran darah ke testis sehingga membuat testis panas. Akibatnya jumlah spermatozoon (benih sperma) dilepaskan selama ejakulasi lebih rendah. Sehingga pria disarankan untuk memakai pakaian dalam yang longgar.

Hampir semua pria menginginkan dirinya ‘subur’ alias mempunyai sperma yang sehat. Apalagi bagi kaum pria yang telah membina rumah tangga dan menginginkan buah hati. Sebenarnya pria yang sehat dan rutin berolahraga mempunyai 1 variabel keuntungan dalam memperoleh jumlah sperma yang banyak dan sehat. Namun ada banyak faktor lain yang memengaruhi kesehatan sperma.

_Diambil dari berbagai sumber_
NB : Sperma Cowo Ganteng Lebih Baik Dan Subur. _edhie apologie_

Tidak ada komentar: