Rabu, 01 Desember 2010

Ada Lambang Israel di Bangunan Iran

Iran Air selama lebih dari 30 tahun terakhir tidak menyadari ada lambang Zionis.

VIVAnews - Bagi pemerintah Iran, Israel adalah musuh bebuyutan. Namun, lambang negara Zionis itu terlihat di atas bangunan kantor suatu maskapai penerbangan Iran.

Menurut stasiun televisi Fox News, Selasa, 30 November 2010, lambang Bintang Daud di atas kantor maskapai Iran Air terekam oleh kamera satelit dan ditampilkan Google Earth. Tidak dijelaskan apakah lambang itu berbentuk goresan cat atau susunan besi.

Pihak berwenang Iran kabarnya merasa gusar atas hasil pantauan kamera satelit itu dan minta agar lambang Bintang Daud segera disingkirkan dari Iran Air. Tampaknya, pihak Iran Air selama lebih dari 30 tahun terakhir tidak menyadari adanya lambang Zionis di atas kantor mereka.

Menurut laporan pemerintah setempat, seperti diungkapkan Ynet.news, bangunan tersebut dibangun oleh insinyur asal Israel sebelum terjadinya Revolusi Islam pada 1979, yang berlanjut pada putusnya hubungan diplomatik Iran dan Israel. Insinyur yang bekerja di Iran ini menambahkan lambang tersebut merupakan simbol khas negaranya.

Laporan tersebut mengatakan bahwa sebelum akhir dekade 1970-an, Israel dan Iran memiliki hubungan baik. Maskapai udara Israel, El Al, dilaporkan memiliki jadwal rutin penerbangan dari bandara internasional Mehrabad di Teheran ke bandara Ben-Guron di Tel Aviv antara tahun 1960-1979.

Israel juga pernah melakukan barter senjata dengan minyak Iran, yang didukung oleh Raja Mohamed Reza Pahlevi, penguasa terakhir monarki Iran sebelum digulingkan oleh gerakan rakyat yang mendukung Ayatullah Khomeini pada 1979.

Penemuan bintang Daud bukanlah yang pertama kalinya di Iran. Pada Agustus lalu, lambang zionis juga ditemukan di suatu bangunan yang berada di dekat alun-alun di Teheran. Pemerintah Iran belum memberi tanggapan atas laporan penemuan logo Zionis itu. (kd)

• sumber dari VIVAnews

Tidak ada komentar: